Tips Aman Bergaul di Jejaring Sosial

Diposkan oleh Andri Ansyah on Kamis, 09 Mei 2013

Kejahatan cyber (cyber crime) saat ini menghantui hampir siapa saja pengguna internet. Tak hanya orang yang aktif menggunakan media sosial sebagai sarana aktualisasi diri, kejahatan cyber juga mengintai pengguna awam yang ceroboh atau kurang berhati-hati.

Siapa yang tidak kenal dengan media sosial seperti Facebook atau Twitter? Hampir seluruh orang di Indonesia, punya akun di media sosial populer tersebut. Adanya perangkat teknologi seperti notebook, tablet PC handphone, dan sebagainya, membuat facebook-an atau twitter-an semakin mudah.

Perlu diketahui juga bahwa jejaring sosial/media sosial merupakan target menarik bagi para pelaku cyber crime karena di dalamnya banyak informasi pribadi dan pengaturan keamanan yang terbuka. Nah, biar tetap merasa aman saat menggunakan situs jejaring sosial, sebaiknya kamu simak tips berikut:

1. Pilih password yang kuat dan tidak mudah ditebak. Password yang kuat memiliki delapan karakter atau lebih dan menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Upayakan untuk tidak menggunakan password yang sama di setiap akun jejaring sosial kamu, dan jika mungkin ubah password secara berkala misalnya setiap 3 bulan sekali. 2. Hati-hati meng-klik link dari sumber yang meragukan. Yup, ini penting sekali spAcer, jangan sembarangan mengklik link dari pengirim yang tidak kamu kenal. Bisa saja link tersebut berisi virus atau mungkin alamat situs yang tidak bertanggung jawab. 3. Atur pilihan privasi pada settingan tertinggi. Gunakan fitur privasi website untuk membatasi postingan pribadi terhadap orang yang kamu kenal dan percaya. Jangan menambahkan teman jika kamu tidak betul-betul kenal dengan yang bersangkutan. 4. Perketat orang-orang yang dapat melihat akun jejaring sosial kamu dan menyaring informasi yang dipublikasikan di website. Hati-hati terhadap dengan informasi yang kamu posting secara online, dan jangan pernah memprosting yang sifatnya pribadi/rahasia. 5. Gunakan antivirus khusus untuk Internet Security sebagai langkah antisipasi pencurian identitas. Saat ini banyak antivirus gratis yang dapat memindai user untuk semua link HTML dan memberitahukan kita jika link tersebut berbahaya.

Nah, itu dia beberapa tips sederhana supaya kamu makin aman saat membuka Twitter atau jejaring sosial lainnya, Tapi jangan sampai jejaring sosial bikin kamu jadi pribadi yang asyik sendiri ya, sementara teman-teman atau bahkan keluargamu diabaikan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: