Tips Aman Berbelanja Online

Diposkan oleh Andri Ansyah on Jumat, 03 Mei 2013

Familiar dengan kegiatan berbelanja online? Yup, berkat kehadiran internet di era modern seperti sekarang ini, proses transaksi jual beli menjadi jauh lebih fleksibel. Cukup order barang yang tertera di web, transfer uang melalui bank tertentu, dan barang yang dibeli pun segera sampai di rumah.

Internet memang telah mengubah hampir setiap aspek dari kehidupan kita, termasuk bagaimana cara kita berbelanja. Online shopping memang membantu kita membeli barang tanpa harus mengeluarkan biaya BBM, parkir, dan tidak menghabiskan waktu. Tapi jangan salah yac, dari sekian banyak toko online yang ditemui saat ini, ada banyak juga “garong digital” yang harus diwaspadai.

Jangan sampai kita menjadi korban cyber crime karena ceroboh membocorkan informasi pribadi atau informasi keuangan. Jangan sampai juga menjadi korban dari online shop penipu yang marak belakangan ini. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap aman berbelanja secara online:

Riset terlebih dahulu situs web tempat berbelanja Ada baiknya sebelum melakukan transaksi online, kamu melakukan riset terlebih dahulu. Apalagi jika situs penjualan atau online shop tersebut kurang familiar, riset perlu dilakukan. Misalnya dengan menghubungi nomor telepon penjual, mencari ulasan (testimonial) dari konsumen yang pernah membeli, dan sebagainya. Jika ada yang tidak beres, sebaiknya tinggalkan saja situs web atau online shop tersebut.

Waspada terhadap email yang dikirimkan secara massal Berhati-hatilah terhadap penjual yang mengirimkan spam (email secara massal). Sebisa mungkin hindari membeli barang dari penjual yang mengirimkan spam.

Jangan mudah tergoda barang murah Berhati-hatilah dengan barang bermerek yang dijual dengan harga murah/potongan harganya sangat besar. Apalagi jika si penjual identitasnya tidak jelas atau bahkan meminta ID atau password emailmu.

Upayakan untuk menggunakan kartu kredit dibanding kartu debit Ini sebagai langkah antisipasi jika sialnya spAcer menjadi korban scam, karena perusahaan kartu kredit mungkin bisa mengembalikan kerugian kamu. Pasalnya, jika kamu menggunakan kartu debit untuk bertransaksi dengan “garong digital”, uang yang sudah ditransfer sudah hilang dan kecil kemungkinan uang dapat diganti.

Amankan notebook/gadget dengan Antivirus Setidaknya notebook spAcer punya antivirus, atau lebih bagus lagi kalu punya anti spyware dan firewall. Saat ini ada beberapa produk antivirus yang punya aplikasi khusus untuk melindungi kita dari serangan phising. Selain itu, perlu diingat juga untuk selalu meng-update antivirus tersebut supaya terlindung dari ancaman terbaru.

Matikan notebook/PC setelah melakukan transaksi Ini sebagai upaya untuk mencegah pelaku kejahatan cyber menanamkan malware dan mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi kalau dinyalakan terus.

Itu dia tips-tips agar aman berbelanja online dan terhindar dari online shop penipu.

Semoga berguna.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: