Tes Kecenderungan Penggunaan Otak Kiri atau Otak Kanan

Diposkan oleh Andri Ansyah on Kamis, 09 Mei 2013


Salah satu wahana yang populer di Trans Studio Bandung adalah Science Center. Wahana ini baru saja dibuka pada bulan November 2011 kemarin. Science Center menyuguhkan segudang ilmu pengetahuan dan mengajak pengunjung untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Ia memuat sekitar 70 alat peraga yang dibagi ke dalam empat kelompok ilmiah, yaitu matematika, fisika, biologi, dan kimia. Alat peraga tersebut menjelaskan beberapa gambaran tentang suatu fenomena ilmu pengetahuan [bisnis-jabar.com]. Selain alat peraga, wahana ini juga menyediakan beberapa test untuk menguji individu pengunjung seperti, tes penuaan, tes otak kanan-kiri, tes ketelitian, dll.

Salah satu yang menarik untuk saya sharekali ini adalah tentangtes menguji kecenderungan otak kanan atau otak kiri. Sebelumnya akan dijelaskan sedikit mengenai kedua otak yangtermasuk dalam otak besar ini. Otak besar atau serebum yang terletak di atas batang otak merupakan bagian terbesar dari otak manusia. Bagian ini bertanggung jawab atas semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan. Otak besar dibagi menjadi belahan (hemisfer) kiri dan belahan kanan. Masing-masing sisi mempunyai fungsi yangberbeda. Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali intelligence quotient (IQ). Daya ingat otak bagian ini juga bersifat jangkapendek. Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan emotional quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis.

Belahan otak mana yang lebih baik, tidak mudah untuk dijawab sebab masing-masing sisi mempunyai fungsi yang berbeda. Akan tetapi, menurut para ahli, sebagian besar orang di duniahidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya [kesehatan.kompas.com].

Oke langsung saja kita ikuti pengujiannya

Tes A

Genggamlah tangan Anda bersama-sama, seperti jika Anda berdoa kemudian perhatikan ibu jari tangan Anda. Jika ibu jari tangan kiri berada di bawah ibu jari tangan kanan artinyaotak kiri. Jika ibu jari tangan kanan di bawah ibu jari tangan kiri artinya otak kanan. Jika tangan Anda sama seprti di gambar, maka Anda otak kiri.

Tes B

Lipat (silangkan) tangan Anda di depan Anda. Jika tangan kanan Anda tepat di atas tangan kiri artinya otak kiri. Jika tangan kiri Anda tepat di atas tangan kanan artinya otak kanan. Jika posisi Andasama dengan gambar, maka Anda otak kiri.

Bagaimana Hasilnya? (Tes A) Kanan + (Tes B)Kiri = seimbang cenderung otak kanan Sangat perhatian, konvensional, berbelit-belit, cepat akrab dengan oranglain, waspada, pengalah, stabil.

(Tes A) Kanan + (Tes B)Kanan = Dominan otak kanan Sukatantangan dan bersikap apa adanya, cepat bertindak, imajinasinya kuat, selalu ingin tahu, dan suka tantangan, ceroboh dan nekat, jarang mendengarkan pendapat.

(Tes A) Kiri + (Tes B) Kiri = dominan otak kiri Berdedikasi, cuek, perfeksionis, logis, selalu merasabenar, bisa dipercaya, kaku, memiliki banyak hal yang membanggakan, lawan yang tangguh.

(Tes A) Kiri + (Tes B) Kanan = seimbang cenderung Kiri Sukamengurusi orang lain, berbakat jadi pemimpin, pandai berbicara dan menyiasati situasi, perhatian, tenang, bertanggung jawab, selalu berhati-hati dalam berpenampilan.

Jadi, bagaimana kepriadian Anda berdasarkan bagian otak yangseringdipakai? Apakah hasilnya sama?

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: