Melakukan Suntik Vitamin C untuk Kecantikan & memutihkan kulit? Pikir Lagi!

Diposkan oleh Andri Ansyah on Minggu, 19 Mei 2013

Cara-cara yang penuh risiko tersebut berani ditempuh oleh para penggila kecantikan.Kecantikan yang diperoleh melalui cara-cara tersebut bersifat luaran dan membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan usaha cantik yang tidak terlalu ekstrem dan berisiko sepertisuntik vitamin C untuk kecantikan.

Penggunaan produk-produk berbahan hidrokinon dan merkuri malah bisa menyebabkan kanker kulit. Memang, prosesnya lebih cepat yakni berkisar antara 2 hingga 3 minggu dan hasilnya bisa segera diketahui dan dibedakan. Wajah menjadi lebih putih, bersih, dan bercahaya.

Namun, penggunaan produk-produk tersebut cenderung difokuskan hanya pada bagian wajah saja. Sementara bagian tubuh lainnya tetap tak tersentuh. Krim malam dan krim siang hanya bisa digunakan untuk wajah saja. Tentu kita tidak ingin memiliki wajah putih cerah, namun area sekitar leher hingga ujung kaki tetap berwarna gelap.

Suntik Vitamin C untuk Kecantikan

Suntik vitamin C bekerja secara bertahap. Proses kerjanya tidak seperti produk-produk berbahan merkuri dan hidrokinon untuk kecantikan. Suntik vitamin C untuk kecantikan bekerja dalam proses yang agak panjang, namun tidak akan drastis perubahannya. Bagi seseorang yang melakukan penyuntikan vitamin C untuk kecantikan, hasilnya baru terlihat setelah 4 bulan. Relatif lebih lama memang dibanding produk pemutih wajah.

Untuk suntik vitamin C, efek yang muncul tidaklah putih pucat seperti mayat. Namun kulit terlihat bersih, cerah, dan segar. Dari efek itulah kulit terlihat lebih putih dari sebelumnya sebab kulit mendapatkan peremajaan sel.

Suntik vitamin C untuk kecantikan banyak ditawarkan oleh salon-salon kecantikan. Namun, tidak semua salon kecantikan mengerti dosis pemakaiannya. Sebaiknya, suntik vitamin C dilakukan satu bukan sekali. Dalam waktu 4 bulan baru terlihat perubahan yang terjadi sebab vitamin C yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh tubuh.

Hal inilah yang menyebabkan prosesnya cenderung kalah cepat dibanding produk pemutih instan yang bekerja mengikis lapisan kulit. Salon kecantikan yang hanya ingin memuaskan pelanggan semata tanpa mempertimbangkan kelangsungan kesehatan pelanggan akan memberi dosis yang tinggi dan jeda waktu satu hingga dua minggu sekali. Hal tersebut berbahaya bagi penyerapan yang dilakukan oleh tubuh.

Beragam harga untuk melakukan suntik vitamin C. Tergantung dari kandungan yang digunakan. Harga suntik vitamin C untuk kecantikan berkisar antara Rp250.000,00 – Rp500.000,00 untuk satu kali suntik. Ada pula yang memasang harga Rp50.000,00 dengan alasan pertemanan atau harga perkenalan alias promosi. Hanya saja untuk harga semurah itu perlu kita waspadai.

Suntik vitamin C untuk kecantikan memberikan efek segar, bersih, cerah, wajah tidak kusam. Usaha mempercantik diri melalui cara yang satu ini relatif akan bertahan lama dibanding pemakaian produk pemutih yang bekerja selama pemakaian produk tersebut. Jika dalam jangka waktu tertentu pemakaian produk pemutih dihentikan, maka kulit akan kembali seperti semula.

Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kecantikan

Vitamin C, baik dikonsumsi secara oral maupun diinjeksi, berfungsi meningkatkan imunitas dan mempercepat penyembuhan. Untuk kecantikan, suntik vitamin C baik untuk menjaga keremajaan kulit dan kecantikannya. Vitamin C dalam tubuh bekerja menghambat pembentukan pigmen yang membuat kulit lebih kusam. Hasilnya, kulit menjadi terlihat lebih segar, bersih, dan cerah.

Vitamin C yang masuk ke tubuh melalui prosedur suntik lebih efektif dan bekerja lebih cepat karena langsung masuk ke pembuluh darah. Dengan disuntikkan, tidak ada kemungkinan vitamin C terbuang dalam proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, banyak orang terdorong melakukan suntik vitamin C untuk kecantikan.

Proses penyuntikan vitamin C memberikan manfaat lebih banyak daripada proses oral. Penyerapan vitamin C oleh tubuh menjadi lebih cepat dan efektif, sehingga hasilnya cepat terasa tanpa harus menunggu vitamin C melalui saluran pencernaan. Biasanya, suntik vitamin C terasa manfaatnya setelah 8 - 10 kali penyuntikan (dengan perlakuan rutin sebanyak 1 kali dalam seminggu).

Asupan vitamin C dalam jumlah yang cukup membantu tubuh menghasilkan kolagen. Kolagen berfungsi sebagai zat perekat sel yang merupakan bagian utama jaringan pada kulit dan bagian tubuh lain seperti sendi dan tulang. Dengan bantuan vitamin C, kolagen membantu mempertahankan kelenturan dan kekenyalan kulit. Oleh karena itu, kulit akan terasa halus dan lebih muda.

Efek Samping Suntik Vitamin C untuk Kecantikan

Meskipun terlihat menggiurkan dan instan, suntik vitamin C bukannya tanpa risiko. Karena langsung dialirkan ke dalam aliran darah, ada banyak hal yang harus diwaspadai. Sejauh ini, suntik vitamin C tidak berbahaya selama dilakukan di bawah pengawasan dokter berpengalaman. Hanya saja, ada beberapa kriteria kesehatan yang tidak boleh melakukan suntik vitamin C, yaitu:

Penderita gagal ginjal atau batu ginjal. Masuknya vitamin C dalam tubuh memperkeras kerja ginjal, selain itu vitain C juga menyerap mineral yang diperlukan tubuh seperti zat besi dan tembaga. Penderita maag. Vitamin C yang disuntikkan bersifat lebih asam daripada yang dikonsumsi secara oral. Oleh karena itu, waspadai munculnya gejala sakit maag setelah menyuntikkan vitamin C untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Efek samping lainnya adalah penolakan tubuh ketika diinjeksi vitamin C. Hal ini dapat berakibat fatal, yakni menyebabkan kematian seketika. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memastikan bahwa suntik vitamin C yang Anda lakukan di bawah pengawasan dokter spesialis kulit.

Idealnya, tubuh memerlukan asupan vitamin C sebanyak 50 - 60 mg per hari. Jumlah ini bisa terpenuhi dengan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C secara teratur. Itu pun sebenarnya sudah cukup. Hanya saja bagi mereka yang ingin hasil instan tanpa perlu melakukan proses rutin dalam jangka panjang, suntik vitamin C menjadi jawabannya.

Padahal, dosis suntik vitamin C jauh lebih banyak dari kebutuhan tubuh akan vitamin C. Sekali suntikm 4.000 mg vitamin C masuk ke dalam tubuh. Memang, dengan demikian kulit lebih cepat terlihat segar dan putih. Dengan kata lain, efeknya lebih terasa. Akan tetapi, kelebihan vitamin C yang masuk ke tubuh akan menjadi endapan yang lama kelamaan mengkristal. Akibatnya, terjadi penyakit batu ginjal karena ginjal bekerja terlalu keras.

Efek samping lainnya dari melakukan suntik vitamin C adalah kemungkinan untuk menjadi kecanduan. Setelah merasa bahwa dirinya lebih sehat dan lebih cantik dengan suntik vitamin C, seseorang akan merasa bahwa kecantikan dan kesehatannya berkurang jika berhenti melakukan suntik vitamin C. Bahaya suntik vitamin C sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Di Amerika, dokter-dokter tidak disarankan melakukan hal ini, begitu juga di Australia.

Pada dasarnya, manusia tidak pernah merasa puas. Pada beberapa kasus kecanduan suntik vitamin C dalam dosis tinggi, penderita sudah terlihat cantik, bahkan menjadi terlihat janggal karena kulitnya terlalu putih dan wajahnya kuyu. Beberapa orang bahkan mengaku menjadi tidak kuat terpapar sinar matahari. Akan tetapi mereka tidak mampu lepas dari ketergantungan akan suntik vitamin C ini karena khawatir akan terlihat jelek.

Setelah Anda memahai risiko suntik vitamin C, sebaiknya pikirkan lagi keputusan Anda untuk menyuntikkan zat ini ke dalam tubuh Anda. Meskipun hasilnya terdengar menggiurkan, pertimbangkan efek samping yang mungkin terjadi. Relakah Anda menukar kesehatan tubuh dengan kecantikan kulit?

Selain itu, tanamkan pada diri Anda bahwa kecantikan yang terbaik adalah kecantikan alami. Tanamkan juga bahwa kecantikan bukan hanya soal kulit melainkan soal kepribadian dan kecerdasan. Suntik vitamin C untuk kecantikan bukanlah satu-satunya jalan untuk menjadi cantik dan mempesona. Kalaupun Anda ingin mendapatkan manfaat vitamin C untuk kecantikan, konsumsi buah-buahan secara teratur atau oleskan kosmetik berbahan vitamin C ke kulit Anda. Itu jauh lebih aman.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: