Begini Cara Mengusir Kusam di Wajah

Diposkan oleh Andri Ansyah on Jumat, 03 Mei 2013

TEMPO.CO , Jakarta: Berapa lama Anda mematut diri di depan cermin? Mungkin tak lama, sekitar 10 menit sehari. Namun, jika dijumlahkan sepanjang hidup, hal itu mungkin menghabiskan banyak waktu. Berdasarkan studi dari Klinik Harley St, rata-rata wanita Inggris menghabiskan waktu sampai 1 tahun 3 bulan alias 474 hari selama hidupnya buat dandan. Jika dirata-rata per pekan, sepekan habis 3 jam 19 menit untuk dandan.

Jika wajah Anda tampak kusam, Anda bisa menguras waktu yang lebih lama lagi. Dalam survei itu, hampir semua wanita atau 93 persen responden menilai dandan adalah kewajiban.

Tapi untuk tampil cantik, Anda tak harus selalu berdandan. Malah dandan berlebihan dan kurang memperhatikan kebersihan wajah justru akan membuat wajah tampak kusam. Padahal berhasil mengusir kusam di wajah sudah bisa membuat Anda tampil cantik.

"Sangat penting untuk melakukan perawatan wajah dengan baik," kata Dr Thomas Rohrer, dermatolog di Chestnut Hill, Massachusetts, dalam siaran pers American Academy of Dermatology, seperti dikutip situs Health Day, 26 November 2012.

Perawatan wajah yang sekaligus mengusir kusam bisa dimulai dengan mencuci wajah secara benar dengan menggunakan pembersih lembut dan menyerap ke kulit serta bebas dari alkohol. Setelah membasuh wajah Anda dengan air suam-suam kuku, usapkan cleanser dengan ujung jari Anda. Bilas wajah dengan air dan gunakan handuk lembut untuk menepuk-nepuk kulit wajah hingga kering. “Jangan pernah menggosok kulit wajah atau menggunakan produk yang kasar karena akan menyebabkan iritasi kulit.”

Selanjutnya, usapkan pelembap untuk kulit kering atau kulit gatal. Berhati-hatilah saat mengusapkan krim di sekitar mata untuk menghindari penarikan yang terlalu keras pada kulit yang lembut. Batasi waktu mencuci wajah, dengan hanya satu kali pada pagi hari dan satu kali pada malam hari atau setelah berkeringat sangat banyak. Keringat bisa membuat kulit wajah mengalami iritasi sehingga Anda harus membasuh wajah sesegera mungkin setelah berkeringat.

Memperhatikan kebersihan wajah sangat penting, apalagi jika Anda habis berdandan cukup tebal. Asisten Training and Corporate Manager Mustika Ratu, Febiolla Saroinsong, menyarankan agar membersihkan wajah setiap habis berdandan, apalagi menjelang tidur. “Malas membersihkan wajah bisa menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat dan flek hitam,” katanya setelah menjadi pembicara dalam talk show kecantikan di Makassar Golden Hotel, Ahad lalu.

Selain membersihkan, agar wajah selalu segar, sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin dua kali seminggu, seperti peeling dan masker. Peeling ini berfungsi mengangkat sel kulit mati sekaligus menghaluskan wajah, kemudian masker merupakan salah satu cara pemberian nutrisi pada kulit. Masker sebaiknya menggunakan bahan alami seperti buah-buahan.

Beberapa buah yang menyehatkan kulit di antaranya pisang, yang kaya akan kandungan potasium, vitamin A untuk mengembalikan minyak alami pada kulit, vitamin E untuk memperbaiki kerusakan kulit dan mencerahkan bintik-bintik penuaan, serta vitamin C mencegah oksidasi dan keriput pada sel. Segelas jus apel yang ditambahkan ke bak mandi (bath) dapat membersihkan dan menghaluskan kulit. Nanas membantu meremajakan kulit. Menggosokkan sepotong nanas ke bagian tubuh, seperti lutut, siku, dan tumit, dapat membantu melunakkan kulit. Dan, lemon bisa menghilangkan bau badan dan menjaga kulit tetap segar.

Tapi cantik itu tak cukup hanya di wajah. Menurut Marisa Sartika Maladewi, Putri Indonesia Lingkungan Hidup 2013, cantik itu harus dari dalam. “Selalu tersenyum dan ikhlas menjalani semuanya akan membuat kecantikan wanita makin terpancar,” ucapnya saat berkunjung ke Makassar.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: