8 Cara Mengatasi Bau Mulut

Diposkan oleh Andri Ansyah on Minggu, 19 Mei 2013

Berikut adalah beberapa tips dan cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap secara alami.

1. Mengunyah Permen Karet Mengunyah permen karet ternyata juga menjadi salah satu solusi untuk mengatasi bau mulut anda. Jika selama ini anda selalu makan permen manis setelah makan, maka segera gantikan kebiasaan tersebut dengan mengunyah permen karet. Meskipun permen manis dapat membuat mulut anda terasa segar, namun efek segar tersebut hanya berlangsung sementara karena permen manis justru dapat membuat mulut anda kering. Sedangkan mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur di mulut anda sehingga mulut tidak kering. Selain itu, permen karet juga bisa menjadi pembersih gigi.

2. Mengkonsumsi Buah-Buahan Mengkonsumsi buah yang kaya akan air dan berserat tinggi seperti apel dan pir ternyata sangat ampuh untuk mengusir bau mulut. Hal tersebut dikerenakan kedua buah tersebut dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga mulut tidak menjadi kering. Buah yang berserat tinggi juga dapat berfungsi sebagai pembersih alami bagi gigi. Selain apel dan pir, buah lemon dan jambu biji juga cukup ampuh untuk mengusir bau mulut yang tidak sedap.

3. Berkumur Dengan Antiseptik Menggosok gigi dua kali sehari memang tidak cukup untuk menjaga kesehatan mulut kita. Untuk itu, usahakan untuk selalu berkumur dengan cairan antiseptik (obat kumur) setelah gosok gigi. Hal ini akan dilakukan agar mulut kita selalu terbebas dari bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Selain dengan obat kumur, berkumur dengan air garam juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut.

4. Teh Hijau dan Daun Sirih Teh hijau dan daun sirih mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau dapat anda minum setiap hari karena selain dapat mengatasi bau mulut, teh hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk daun sirih, anda dapat merebus beberapa helai daunnya lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

5. Hindari Makanan Berbau Menyengat Makanan yang anda konsumsi juga ikut mempengaruhi bau mulut anda. Untuk itu, jika ingin mulut terhindar dari bau yang tidak sedap, kita harus menjauhi makanan yang berbau menyengat seperti jengkol, petai, dan durian.

6. Makan Keju Kandungan kalsium dan mineral fosfat yang cukup tinggi dalam keju ternyata dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mulut kita tidak akan terasa kering. Selain itu, keju juga bisa mencegah timbulnya karang gigi.

7. Menjaga Kesehatan Mulut Hal ini dapat dilakukan dengan rajin menggosok gigi setelah makan, menggunakan obat kumur, sering mengkonsumsi air putih, serta jangan lupa untuk menggunakan pembersih lidah.

8. Hindari Rokok dan Alkohol Rokok dan alkohol memang merupakan sumber penyakit. Selain dapat menimbulkan bau mulut, rokok juga dapat menimbulkan penyakit gusi, flek gigi, bahkan kanker mulut.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: