Tips Tetap Sehat Saat Liburan Ke Luar Kota

Diposkan oleh Andri Ansyah on Rabu, 24 April 2013

Bila anda berencana berlibur ke luar kota, apalagi menghabiskan beberapa hari atau minggu tanpa pulang ke rumah, persiapan yang dilakukan pasti harusmendetail. Tidakhanya memikirkan berapa jumlah pakaian yang harus dibawa, produktata rias apa yang tidakboleh ketinggalan atau bagaimana akomodasi anda kelak, anda juga harusmemikirkan bagaimana caranya agar kesehatan tubuh tetap terjaga agar anda tidak malah jatuh sakit ketika atau setelah berlibur ke luar kota. Takpeduli kemanapun tujuan anda dan kegiatan apa yang akan anda lakukan, persiapan liburan sebaiknya tidak terbatas pada urusan akomodasi, melainkan juga kedisiplinan untuk tetap menjaga kesehatan walaupun sedang bersenang-senang (sesuatu yang kerap dilupakan orang justru ketikasedang bersenang-senang). Berikut ini adalah beberapa tipspraktisuntukmenjaga kesehatan anda maupun keluarga saat berlibur keluar kota.

Pertama-tama, mulailah dengan riset tentang wilayah atau daerah yang akan anda kunjungi agar persiapan bisa lebih matang. Apakah daerah tersebutcenderung berhawa panas, sejuk, kering atau lembab? Apakah saatitu sedang musim hujan atau kemarau? Apakah daerah tersebut berada di pegunungan, perkotaan atau dekat pantai? Setelah anda mengetahuinya, aturlah barang-barang yang akan dibawa berdasarkan daerah tujuan anda. Sediakan tempat untuk membawa barang-barang yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh di perjalanan seperti persediaan Vitamin C, krim anti nyamuk, tabir surya dan obat-obatan praktis untuk perjalanan jauh seperti obatanti mabuk, obatflu dan batuk, minyak kayu putih atau balsam serta obat lain yang anda perlukan bila anda memiliki kondisi tertentu.

Jangan lupa juga menyertakan jaketatau sweater ekstra bila wilayah yang anda datangi berhawa dingin. Setelah obat-obatan dikemas, teliti juga berbagai tipsmakeup yang cocok untuk di wilayah dengan kondisi cuaca dan iklim tertentu, misalnya makeup yang cocok untuk daerah panasdan lembab atau dingin dan kering, karena dari sana anda bisa mengira-ngira kosmetik apa saja yang sebaiknya dibawa agar bawaan tidak menggunung dan merepotkan.

Simpanlah obat-obatan dan peralatan makeup di dalam tas khusus agar tidak bocor atau tumpah dan letakkan sebagian yang kira-kira akan sering anda pakai di dalam tas jinjing agar mudah diambil jika diperlukan.

Jika anda akan menginap selama beberapa waktu, anda juga harus memerhatikan apa yang anda makan. Mencoba makanan khas suatu daerah merupakan bagian yang tidak boleh terlewatkan saat berlibur ke suatu tempat, tetapi anda sebaiknya tidak memaksakan diri memakan sesuatu yang kurang cocok untukpencernaan atau kondisi fisik anda, misalnya memaksakan diri memakan makanan khasyang sangat pedas padahal anda sering terkena masalah pencernaan.

Bila anda ingin mencoba suatu restoran atau warung khas, lakukan risetsebelum liburan untuk mengetahui reputasinya dari segi kehigienisan selain juga rasa dan jenis menu khasnya. Perhatikan pula tempat dimana anda membeli makanan; bila tempatnya kotor dan banyak dikerumuni lalat, hindari makan atau membeli makanan di tempat itu walaupun kelihatannya lezat.

Bawalah persediaan makanan ringan yang mudah masuk ke dalam tasseperti biskuit, kraker, roti isi atau kacang untuk dimakan selama perjalanan agar anda tidak tergoda untuk jajan sembarangan. Akhirnya, selalu usahakan agar isi tas anda seimbang antara pakaian dan barang-barang lain yang diperlukan serta perlengkapan untuk menjaga kesehatan tubuh seperti yang telah disebutkan di atas sehingga bawaan anda tidak sampai beratsebelah.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: