Tips Belanja Hemat dengan Perencanaan Matang

Diposkan oleh Andri Ansyah on Rabu, 24 April 2013

Pernah Anda tiba-tiba kaget ketika ternyata anggaran belanja bulanan Anda melebihi budget yang sudah ditetapkan? Mungkin Anda sudah merasa bahwa Anda telah berusaha sebisa mungkin untuk berbelanja hemat, namun apa daya ternyata gagal terus. Atau mungkin Anda sebenarnya menyadari bahwa Anda memang melakukan banyak pengeluaran pada bulan tersebut.

Jika hal ini terjadi, maka itu merupakan akibat dari tidak bisanya Anda mengendalikan diri ketika melihat barang-barang yang ada di toko dan Anda tidak kuat untuk tidak membeli barang-barang tersebut.

Setiap orang memiliki kemampuan materi yang berbeda-beda satu sama lain. Namun tahukah Anda bahwa orang yang sudah memiliki banyak harta sekalipun tetap merasa bahwa harta yang dia miliki tidaklah cukup. Pada faktanya yang menjadikan kita merasa cukup adalah tahu bagaimana mengelola uang yang sudah ada dan bisa menahan diri. Salah satu caranya adalah dengan tips belanja hemat dengan perencanaan matang di awal.

Tips Belanja Hemat dengan Perencanaan

Apa yang bisa Anda lakukan sebelum dan ketika Anda berbelanja? Berikut tips-tipsnya:

1. Membuat daftar kebutuhan bulanan dan tentukan estimasi anggaran bulanan yang memang Anda sanggupi. Data kebutuhan Anda selama sebulan berikut dengan jumlahnya. Sebagai contoh, Anda butuh detergen 1 kg dengan jumlah 2 kantung, kemudian sabun cuci piring 900 ml sebanyak 2 pouch dan sebagainya. Cek harga tersebut lebih dahulu dan kemudian jumlahkan sehingga Anda mengetahui berapa pengeluaran yang Anda butuhkan per bulannya. Jika jumlah melebihi anggaran tersebut maka harus ada barang-barang yang dihapus dari daftar tersebut. Namun, jika semuanya memang dibutuhkan, satu lagi caranya adalah menurunkan standar. Sebagai contoh jika biasanya mengoknsumsi beras kualitas A ya harus diturunkan menjadi kualitas B. 2. Teliti memilih barang yang akan dibeli. Siapa tahu Anda akan menemukan barang yang punya kualitas sama namun dengan harga yang lebih murah. Maka dari itu, kegiatan belanja tidak dilakukan secara mendadak tetapi biasakan untuk membeli barang bulanan secara serentak agar bisa memperhitungkannya. 3. Tidak terjebak dengan harga promosi yang ada di supermarket. Karena keseringan yang terjadi ternyata kita belum membutuhkan barang-barang tersebut. Hal ini tentu menggeser apa yang sudah ada dalam daftar Anda. 4. Menjadi pelanggan satu minimarket atau supermarket. Dengan terbiasa belanja di satu tempat maka kita akan mengetahui promosi apa saja dan kapan promosi itu dilakukan. Pegawai minimarket pun lebih terbuka untuk diajak ngobrol. Tak jarang juga pegawai memberikan produk sisa stok sebagai hadiah. Tapi biasanya ini berlaku untuk minimarket dimana mereka tidak berbelanja banyak jika belum menghabiskan stok. 5. Tetapkan prioritas. Anda bisa berbelanja dan mencari kebutuhan utama terlebih dahulu. Kemudian tidak lupa agar makan sebelum berbelanja agar Anda masih merasa kenyang dan tidak tertarik untuk membeli makanan-makanan yang tidak jadi prioritas dalam daftar belanja Anda.

Yang paling terakhir adalah sebaiknya tidak membawa anak-anak ketika berbelanja. Anak pada umumnya akan lapar mata pada saat melihat berbagai jajanan yang terpajang di rak-rak toko. Hal ini tentu akan merepotkan Anda nantinya. Atau jika ingin membawa anak maka buat perjanjian terlebih dahulu seperti misalnya hanya membeli satu macam saja untuknya.

Semoga tips belanja hemat ini bermanfaat bagi Anda yang benar-benar ingin menghemat pengeluaran bulanan. Yang paling penting memang mengingat prioritas dan bisa menjaga diri serta melakukan tindakan pencegahan sebelum akhirnya terjebak dalam lingkaran setan keborosan.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: