SBY dan Sembilan Resep Mengatasi Konflik Berlarut-larut

Diposkan oleh Andri Ansyah on Jumat, 26 April 2013


Dari metrotvnews.com, saya mendapatkan kutipan pidato SBY. Berikut adalah kesembilan resep menangani konflik menurut SBY:

1. Perlu adanya kombinasi yang tepat dari peristiwa, kepentingan, perubahan generasi, dan para pemimpin untuk membuka situasi yang kondusif. Dalam hal ini diperlukan kesabaran dan tekad yang besar.

2. Kita harus mengetahui profil dari konflik untuk mencari formula yang tepat untuk mengatasinya, mengingat setiap konflik berbeda satu dengan lainnya.

3. Yang perlu diingat adalah lebih baik untuk mencegah konflik sebelum terjadi, dari pada mengatasinya setelah letusan pertikaian. Presiden menegaskan, intelijen memegang peranan penting untuk menilai situasi dengan akurat. Tanpa itu, maka pencegahan tidak akan terjadi.

4. Dibutuhkan kepemimpinan yang tepat untuk melakukan rekonsiliasi dan resolusi konflik. Fungsi kepemimpinan di sini untuk mengarahkan dan mendorong proses politik. Pada saat seperti ini pemimpin mesti memiliki keberanian untuk membuat keputusan sulit, dan mengambil risiko.

5. ketika konflik tidak dapat diselesaikan, mesti ada upaya untuk mengelolanya agar bisa terkendali. Upaya tersebut, juga bisa diterapkan dalam menyelesaikan masalah di Laut China Selatan atas pihak yang terlibat dalam perselisihan teritorial dan yurisdiksi.

6. Selalu berusaha membuat kesempatan untuk mendapatkan solusi.

7. Memajukan rekonsiliasi dan resolusi konflik, dengan membantu untuk mengadopsi, pragmatis fleksibel, serta berwawasan pendekatan. Sebaliknya, ujarnya, pendekatan yang kaku malah dinilai cenderung tidak akan memberikan hasil yang diharapkan.

8. Untuk mencapai dalam kesepakatan perdamaian adalah membangun kepercayaan antara aktor dalam konflik. Seperti dalam perundingan Aceh, kata Presiden, ada waktu kritis, titik balik, ketika negosiasi untuk saling mendengarkan daripada berbicara.

9. Upaya menciptakan perdamaian yang membutuhkan cara sistemik, dan upaya jangka panjang.

Saya sangat mengapresiasi Presiden dalam membagi sembilan resepnya ini. Tetapi sebagai rakyat Indonesia kita tahu apakah resep ini sudah dilakukan SBY atau tidak. Konflik Papua yang berkepanjangan dan seperti tidak berujung merupakan bukti sembilan resep ini hanya sekedar teori. Padahal jika Presiden serius mengaplikasikan sembilan resep tersebut maka Papua bisa aman.

Bagaimana menurut anda? Sudahkah sembilan resep ini dilakukan SBY?

Jangan anda tanyakan mengapa angka sembilan muncul disini. Kita semua sudah tahu kalau SBY suka pada angka sembilan dan percaya bahwa angka itu bertuah.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: