Rahasia apple

Diposkan oleh Andri Ansyah on Kamis, 18 April 2013


Ssstt.. Ini Rahasia Apple
Masih ingat dengan peristiwa hilangnya prototipe akibat kecerobohan salah satu karyawan Apple saat minum di bar? Prototipe ini kemudian laku dijual 5.000 dollar dan muncul di Gizmodo. Hal ini menjadi isu besar bagi perusahaan yang ditinggal Steve Jobs beberapa waktu yang lalu. Sistem keamanan internal Apple pun direview ulang untuk memastikan tidak ada kebocoran dari dalam perusahaan. Karena hal ini tergolong kekayaan intelektual dan terjadi di industri yang melibatkan kencangnya arus perkembangan teknologi, isu ini menjadi sangat penting bagi Apple.
Namun ternyata kerahasiaan menjadi isu sensitif di perusahaan ini, baik bagi pihak internal dan juga eksternal perusahaan. Setiap perusahaan tentu memiliki rahasia, namun di Apple semuanya menjadi rahasia. Sebagai contohnya, karyawan yang baru direkrut perusahaan tidak akan mengetahui apa yang akan dikerjakan sampai yang bersangkutan telah secara resmi tergabung dengan perusahaan. Setelah tergabung, karyawan diminta untuk menandatangani perjanjian untuk menjaga kerahasiaan. Di beberapa ruangan seperti kantor kepala desain, beberapa ruang rapat, dan beberapa ruangan khusus dikondisikan agar tidak ada satu informasi pun yang tersebar keluar.
Dulu saat Steve Jobs masih menjabat sebagai CEO Apple, kadang kala diadakan rapat dengan lingkaran dalam orang-orang terdekatnya (sebagai informasi ia membatasi hanya 100 orang saja yang merupakan perwakilan dari tiap bagian untuk menghadiri rapat yang besar). Dalam rapat ini, ruangan dibuat sedemikian rupa agar tidak dapat dilihat oleh orang di luar tim rapat, ruangan itu pun dipasangi alat pelacak sinyak sehingga tidak dimungkinkan komunikasi dari luar ke dalam ataupun dari dalam ke luar melalui media apa pun. Sehingga komputer, ponsel, tablet, bahkan siaran tv pun tidak dapat masuk atau keluar dari ruangan.
Untuk menjamin kerahasiaan lebih dalam lagi, banyak pekerjaan Apple yang dilakukan terpisah oleh karyawannya. Analoginya seperti sebuah puzzle dimana setiap orang mengerjakan bagian tertentu, dan baru dapat terlihat setelah masing-masing bagian ini menyatu menjadi satu gambaran utuh. Hanya orang di posisi tertinggi dalam organisasi yang memperoleh gambaran lengkap mengenai puzzle ini. Apa ancamannya bila ada satu saja rahasia yang bocor oleh karyawan internal? Tidak ada kata lain selain pemecatan.
Jadi apa rahasia dari Apple? Sshh….. ini rahasia……

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: