Penyebab Bad Mood dan Cara Mengatasinya

Diposkan oleh Andri Ansyah on Kamis, 25 April 2013

menyebabkan suasana hati memburuk. Bukan hanya soal mendapatkannilaiyangburuk, suasana hati juga dipengaruhi penerimaanlingkunganyang buruk. Tuntutanterhadap diri sendiriini yangmenyebabkansuasana hatitidak menentu.

Selain keinginanditerima darilingkungan, suasana hatiyangburukjuga dapat dipengaruhi rasa tak menentuatas perubahan-perubahan yang terjadi. Sebagian besarremaja ingin merdeka, sementara mereka masihmerasa bergantungpada keluarga.Mereka ingin diperlakukan sepertiorangdewasa, namun kadang-kadang mereka seperti anak-anakkecil. Remaja yangberada dalam masa transisi antara masa kanak-kanakdandewasa, menghadapi semua perubahan dantanggung jawabbaru yang luarbiasa. Pada satusisimerupakanwaktu yangmenyenangkan, namun disisi lainjuga menakutkandan membuat kesepian.

Penyebab lain dariperubahan mood pada remaja adalah pubertas. Hormonpubertas bukan hanya menyebabkan perubahanfisik luarbiasa, mereka juga bisa membuat moodswing ! Dan, hampirsemua orang melaluimood swing selama remaja. Olehkarena itu, penting memahami apakahsuasana hati yang buruk merupakan kemarahan sementara, atau temperamen akibat depresi.

ApakahSekadarBadMood ?

Jika Anda mengalami kemarahan, kemurungan, perasaanputus asa, atauperasaanbosan berlebihandalam jangka waktu yang lama, coba konsultasikan pada dokter. Kadang-kadang, inimerupakantanda-tanda gangguanmood serius yang kerapdisebut depresi.

Depresi lebihdarisekedarmerasa sedihataudown .Umumnya inidapat menyebabkan kemarahanberlebih, iritasi, apatis, bahkanbunuhdiri.Segera cari bantuan apabila merasakannya. Berbicara denganseorangterapis terlatih, konselor, perawat kesehatanprimer danpenyedia layanan kesehatan, yang dapat membantu memperbaiki perasaan dan membuat Anda menikmatihidupkembali. Jika mulaiterpikirkan untuk bunuhdiri, cobalah berkomunikasi denganseseorangyangdekat denganAnda atauhubungi hotline layanan kesehatanjiwa untuk bantuan.

Cara AtasiBadMood

Suasana hatiyangburuk bukanhanya merusak hari namunjuga berpotensi merusak kehidupan.Berikut adalahbeberapa tips untuk mengatasinya:

· Pikirkan sesuatuatauseseorang yangAnda syukuri. Hentikanperasaan buruk, dengan mengingat orang-orangdalam hidup yang pedulimaupun telahmelakukan hal-hal baik untuk Anda.

· Lakukansesuatuyangbaik. Pikirkan seseorangdapat Anda bantu.Badmood dapat berkurang ketika Anda membantuseseorang.

· Dengarkanmusik menghentak danbersemangat. MasukanCDfavorit atau putarMP3 favorit, dan biarkanmusik menenangkanAnda.

· Sadarilah jika Anda tak sendirian. Perubahanmood dapat terjadi dalam beberapa kadar. Berbicara pada teman tentang suasana hati danAnda mungkin terkejut ketika menyadari ada oranglainyangmengalami perubahansuasana seperti Anda.

· Bicaralah denganseseorang. Jika seorangteman atauorang tua tidak memungkinkan, seorang gurudan konselor dapat menjadi pendengaryangbaik.Janganmenyimpan perasaan pada diri sendiri. Mereka bisa bercokoldi dalam diri, dan membuat masalahtampak jauh lebih buruk ketimbang sebenarnya.

· Berolah raga seperti berjalan-jalan, naik sepeda, bermaintenis, maupunsekedarmengambil napas dalam-dalam sembarimenikmati udara segardapat memperbaikimood.

· Cobalah tidur 81/2hingga 91/2jam lamanya setiapmalam. Mendapatkancukupistirahat adalahpenting. Kelelahandapat menyebabkankemurungandan lekas marah, serta mengurangikemampuan kita mengatasi suasana hati.

· Lepaskan semuanya emosi danmenangis. Ya, menangis sejadi-jadinya kadang-kadang dapat membuat Anda merasa lebih baik.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: