Cara Kenali Karakter Diri Sendiri dan Orang Lain

Diposkan oleh Andri Ansyah on Jumat, 26 April 2013

hai… ada yang udah tau belum karakter diri kita sendiri tuh kaya gimana sih? cara kita kenalan sama orang baru, apa aja yang kita suka atau nggak suka, cara kita berstylish, dll. Aku mau sharing” nih… buatnambah wawasan, silahkan dibaca ^_^

Ok, Letsee…

Ada empat watak utama yang umum dimiliki oleh manusia. Dan yang pertama kali menemukannya adalah Hippocrates pada 400 tahun SM! Sampai sekarang, keempatwatak ini tetap ditemukan.

antara

perpaduan

watak

Juga

membuat diri anda begitu istimewa?

Banyakhal. Temukan betapa hebatdan kreatifTuhan membuat Anda dalam Kepribadian Plus.

Dari sini Anda akan mengetahui apakah Anda :

>Seorang Sanguinis yang spontan, lincah, dan periang

>Seorang Melankolisyang penuh pikiran, setia, tekun

>Seorang Kolerisyang suka petualangan, persuasif, percaya diri

>Seorang Phlegmatis yang ramah, sabar, puas

atau

perpaduan dari sifat-sifat di atas. Anda juga akan mengetahui

untuk

terbaik

cara

bagaimana

Tuhan yang unik ini untuk mendatangkan keserasian

semua hubungan Anda. FlorenceLittauer menjelaskan : ”Setelah kita tahu siapa diri kita dan mengapa kita bertindak dengan cara seperti yang kita lakukan, kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita, dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain.”

Kepribadian kita biasanya ada 2 kombinasi yang berbeda. Bisa

Sanguin

Koleris,

Sanguin

perpaduan

Melankolis, Melankolis Phlegmatis, atau perpaduan yang lainnya.

Karakter itu bisa dilihat dari mata, sikap tubuh, gaya bicara, gaya pakaian atau dari caranya mengambil keputusan. Misalnya gini..

Orang-orang Sanguin bisa keliatan dari :

Keliatan dari sorot matanya sering berbinar dan tampak berkaca-kaca ceria, pupil matanya cenderung besar Dia banyak bicara dan tertawa, heboh, serta punya banyak guyonan, suka ngerjain orang Waktu dia bicara seluruh wajah dan kebanyakan anggota tubuhnya ikut gerak untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan Pada waktu duduk tidakbisa diam Ngga sungkan untuk nanya2 Suka pakai pakaian yang warnanya ngejreng bukan main, atau apapun yg mbikin dia tampak mudah dibedakan dg yg lain Minta dikomentari ama teman2nya tentang apa aja yang dia punya Mikirnya cepat, dan itu karena dia tahu manakah alternatif yg paling atau lebih menyenangkan

Orang-orang Melankolisbisa keliatan dari :

Sering pake perkataan seperti “tergantung” atau apapun yg menunjukkan dia banyak bangetyg dipertimbangkan Ketika dengerin Anda bicara dia sering banget pake pose non verbal tangan ke wajah Sering bilang “minta maaf” atau semacamnya Saat duduk sikap nonverbalnya

sedang mengevaluasi (i.e. tangan di dagu, tangan di pipi) Peka pada bagaimana orang lain memberi tanggapan Bisa sampemenangis kalau denger cerita orang lain model pakaian dan style-nya konservatif (i.e. bukan motif berani, kemeja dimasukkan baju, dst) Mikirnya lama, dan banyak pertimbangan

Orang – orang Koleris bisa keliatan dari :

Sorot matanya tajam, dan berani bertatap pandangan lama Duduk sikapnya tegak, gayanya defensifdan/atau superior (tangan bersilang di depan dada, kedua tangan diletakkan di belakang tengkuk) Tiba-tiba aja suka betulin kerah baju Anda yg melenceng Secara otomatiscenderung suka nyuruh2 orang Gigih banget membuat orang lain menerima pendapatnya Suka berdebat dan beda pendapatdengan orang lain Suka menjadi pemimpin Orang lain harus ikut caranya, kalo ngga suka, ya udah, tinggal!

Orang – orang Phlegmatisbisa keliatan dari :

Kalo ngomong pelan, lebih suka mendengarkan ketika ada di kerumuman, pendengar yg baik Saat duduk pinggangnya lebih dekat atau menyentuh alas duduk Orangnya nurut, ngga bisa nolak requestorang lain Bila mikirnya lama, dan tampak banget bahwa dia ternyata tidak sedang berpikir keras dan ikut sama keputusan yg sudah ada Menghindari konflik Easygoing, enak diajakngobrol Orangnya Santai

konflik,

ada

misalnya

Kalau

penengah atau menengahi.

So, jadi gini. Ketika Anda baru aja dikenalkan:

dengan Sanguinis, maka ingat bahwa dia tu senang dipuji, ketika dia bercanda sebaiknya Anda tertawa. Anda boleh2 aja ngeledek dia, tapi berhati-hatilah untuk tidakmengkritik dia.

dengan Melankolis, maka ingat2lah

basi

basa

mbulet atau

omongan

ngguyoni dia. Perasaannya paling peka ketimbang yg lain. Ndak perlu juga mengkritik dia. Para melankolis biasanya sudah amat pintar mengkritisi dirinya.

dengan Koleris, maka ingat bhw dia suka banget ktk orang lain memberi pengakuan atau kagum akan segenap pencapaian dia. Biarkan aja dia banyak bicara dan bersikap dominan. Anda tak harus sepakat dg apa2 yg dia omongkan, tapi sebaiknya Anda (terlihat) mendengarkan dg baik apa yg dia sampaikan.

dengan Phlegmatis, Anda ndak punya terlalu banyak larangan. Phlegmatis adl kaum yg paling easy going dan enak diajak ngobrol.

Untuk hadapi setiap temparemen, kita perlu tahu dulu apa yang mereka butuhkan dan hindarkan,

melakukan penyikapan yang bersesuaian. Anda bisa mengacu pada daftar berikut. Dan sebagai catatan, daftar yang berikut ini akan paling terlihat pada anak-anak atau remaja atau mereka yang mencapai ekstrimitas (ingat

kombinasional)

Untuk Sanguinis, yang mereka butuhkan:

Perhatian Dukungan Kasih sayang Penerimaan

Dan yang mereka hindari:

Tugas membosankan Rutinitas Kritik Detail Sasaran terlalu tinggi

Untuk Melankolis, yang mereka harapkan:

Kepekaan keinginan Kualitas prestasi Ruang sendiri Ketenangan stabilitas Dukungan orang tua atau singkatnya: Sensitivity –Support – Space – Silence

Yang mereka hindari:

Keributan Kebisingan Urusan2 sepele Diolok-olok

Untuk Koleris, yg mereka butuhkan:

Penghargaan prestasi Peluang memimpin Partisipasi memutuskan Sesuatu utk diatur

Lalu yang mereka hindarkan:

Istirahat Kebosanan Permainan yang tak mungkin dimenangkan

Untukphlegmatis, yang mereka butuhkan:

Relaksasi dan Santai Perhatian Pujian Motivasi penuh kasih

Yang mereka hindari:

Konflik– Konfrontasi Inisiatif Keputusan Kerja ekstra Tanggung jawab

itu sedikit bahasan untuk mengenali karakter diri sendiri dan orang lain. So, udah nemu karakter sendiri ? udah tau juga donk sekarang cara ngadepin tiap orang diliat dari karakternya…

kalau mau tau lebih jelasnya bisa baca dibuku PersonalityPLUS.

aku rekomendasikan buku ini bwt temen” yang pengen belajar untuk mengenal karakter

(temen,sahabat,pacar,ortu,dll).

Audy “..mencoba mengerti

lagu

keingat

jadi

mengerti sinar diwajahmu… mengertiii

akhirnya kumengerti diriku memang untuk kau miliki.. #singing” ,,hehe maf aku sanguin ^_^

Nah, harapannya muga temen” bisa lebih ngertiin orang” disekitarnya… Ok… muga artikel ini bisa membantu, jangan lupa kasih tau temen”nya juga yah.. ^_^

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: