Cara Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa

Diposkan oleh Andri Ansyah on Rabu, 24 April 2013

1. A. CaraBelajar Yang Baik Bagi Mahasiswa

Berikut ini adalah tips dan triks yang bagaimana cara belajar yang baikbagi mahasiswa:

1. Belajar Kelompok

Belajar kelompokdapatmenjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan dosen maupun belum dijelaskan dosen.

2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran

Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertasatau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapatdibaca di mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan mediamencontek karena dapat merugikan kita sendiri.

3. Membuat Perencanaan Yang Baik

Untukmencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuatrencana belajar dan rencana pencapaian nilai untukmengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.

4. Disiplin Dalam Belajar

Apabila kita telah membuatjadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tibamaka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau gamedapatmerusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidikdan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah.

5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya

Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanyabiasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untukbertanya kepada kita hal-hal yang belum diapahami. Semakin banyak ditanyamaka kita dapat semakin ingatdengan jawaban dan apabila kita jugatidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman.

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun

Ketika belajar di kelas dengarkan dan catatapa yang guru jelaskan. Catatyang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hafalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

7. Hindari Belajar Berlebihan

Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekatbiasanya kita akan panikjika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuatcontekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.

8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian

Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontekdapatmembuatsifatkita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontekpasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahatapabila kita melakukan kecurangan (http://organisasi.org/ diakses 7 April 2008)

Pendapat lain dikemukakan oleh (Santosa, http://lecturer.ukdw.ac.id/, diakses7 April 2008) Terkaitdengan Hukum Newton, ada beberapa tips tentang cara belajar yang baik yang disarankan:

1. Jangan belajar hanya padasaat menjelang ujian.

Jika terlalu lama dalam keadaan diam (tidak belajar), maka kita semakin sulit untukmemulainya. Semakin lama kita tidak belajar, semakin besar kecenderungan kita untuk tetap tidak belajar.

2. Buat suatu keadaan sedemikian hinggaseolah-olah kita selalu dalam keadaan belajar.

Ini tidak berarti kita harus terusmenerus belajar tanpa istirahat. Dimaksud di sini, kita belajar secara berkesinambungan dan teratur. Sinambung artinya nyambung antara proses belajar hari ini dengan hari-hari kemarinnya. Kalaupun kita liburan, upayakan kita tidak lepassama sekali dengan mata pelajaran.

3. Bangkitkan motivasi yang kuat untuk belajar, terutama untuk pelajaran yang lebih sulit.

Semakin sulit materi pelajaran, semakin besar motivasi yang

diperlukan untuk menguasainya. Untuk membangkitkan motivasi ada berbagai cara, antara lain: Bayangkan betapa puas dan bangganya kita kalau kita mampu

menguasai pelajaran yang sulit; Anggaplah semua pelajaran penting dan berguna

bagi masa depan kita; Kejarlah prestasi terbaik karena kesempatan yang lebih

baik biasanya lebih memihak pada orang-orang terbaik; Ingat belajar itu

termasukibadah. Tuhan tidakmenilai kesuksesan belajar kita hanya dari nilai

hasil ujian, tetapi Tuhan akan menilai prosesperjuangan kita untukmemperoleh

nilai tersebut.

4. Jangan sekali-kali membenci suatu mata kuliah.

Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Dalam hal ini mungkin anda belum mengenal mata kuliah tersebut. Coba kenali lebih jauh, mungkin anda akan menyayanginya.

Selain hal di atas, maka hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah pengaturan waktu. Pengaturan Waktu adalah membuat dan melakukan jadwal belajar agar dapat mengatur dan memprioritaskan belajarmu dalam konteks membagi waktu dengan aktivitas, keluarga, dan lain-lain.

Pedoman yang dapatdipakai dan dilakukan antara lain adalah:

1. Perhatikan waktumu, 2. Refleksikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu 3. Sadarilah kapan kamu menghabiskan waktumu dengan sia-sia 4. Ketahuilah kapan kamu produktif 5. Dengan mengetahui bagaimana kamu menghabiskan waktu dapat membantu untuk:

1) Membuat daftar “Kerjaan”. Tulislah hal-hal yang harus kamu kerjakan, kemudian putuskan apa yang dikerjakan sekarang, apa yang dikerjakan nanti, apa yang dikerjakan orang lain, dan apa yang bisaditunda dulu pengerjaannya.

2) Membuat jadwal harian/mingguan. Catat janji temu, kelas dan pertemuan pada buku/tabel kronologis. Selalu mengetahui jadwal selama sehari, dan selalu pergi tidur dengan mengetahui kamu sudah siap untuk menyambut besok.

3) Merencanakan jadwal yang lebih panjang. Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatanmu lebih dulu. .

1. Rencana Jadwal Belajar Efektif: 2. Beri waktu yang cukup untuktidur, makan dan kegiatan hiburan. 3. Prioritaskan tugas-tugas. 4. Luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan sebelum kelas. 5. Atur waktu untuk mengulang langsung bahan pelajaran setelah kelas. Ingatlah bahwa kemungkinan terbesar untuk lupa terjadi dalam waktu 24 jam tanpa review. 6. Jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar. 7. Pilih tempat yang nyaman (tidakmengganggu konsentrasi) untukbelajar. 8. Rencanakan juga “deadline”. 9. Jadwalkan waktu belajarmu sebanyak mungkin pada pagi/siang/sorehari. 10. Jadwalkan review bahan pelajaran mingguan. 11. Hati-hati, jangan sampai diperbudakoleh jadwalmu sendiri

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: