BAGAIMANA CARA AGAR MAHASISWA BERSEMANGAT BELAJAR?

Diposkan oleh Andri Ansyah on Rabu, 24 April 2013

Sebagai dosen kita menginginkan agar mahasiswa semangat belajar. Ciri – cirinya adalah mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, senang tantangan, rajin mengerjakan tugasdan PASSIONATE.

Nah, biasanya agar mahasiswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, senang tantangan, dan rajin mengerjakan tugas mereka harus melalui satu gerbang yang tak ada gerbang lainnya yaitu mereka memiliki PASSION yang besar terhadap mata kuliah kita, terhadap apa yang kita sampaikan. Kalau mahasiswa tidak memiliki interest dengan kuliah maka bagaimana mereka mau rajin belajar, rajin bertanya apalagi rajin mengerjakan tugas? Biasanya saya melakukan hal ini di kelas agar mahasiswa interest dengan pengajaran kita :

1. Introduction yang ramah dan mengena. Pertemuan perdana perkuliahan biasanya yang berpengaruh besar terhadap pertemuan- pertemuan selanjutnya. Kalau hari pertama kita jutek, maka mahasiswa akan berfantasi bahwa hari – hari kuliah mereka selama semester kedepan akan penuh dengan rasa suram, interaksi yang hambar, dan meyedihkan. Berbeda kalau kita sudah memberi kesan menyenangkan, maka mahasiswa tentu berharap kejutan – kejutan baru di pertemuan – pertemuan selanjutnya.

2. Bijaksanalah, biarkan mereka bicara dari hati yang paling dalam, dan dengarkan dengan seksama. Mendengar adalah kunci sukseskomunikasi. Itulah mengapa tuhan menciptakan satu lidah dan dua telinga. Agar kita banyakmendengar ketimbang mempertahankan pendapat.

3. Biarkan mereka berekspresi. Biarkan mereka menulis, berdiskusi, blogging, dan berbagi dengan sesamanya. Lalu kaitkan pembicaraan mereka dengan isu – isu menarikseputar materi kuliah. Dari sini bibitPASSIONATE akan bertumbuh. Ajak mereka berdiskusi tentang skor pertandingan bola tadi malam, samakan frekuensi dengan mereka lalu sedikit demi sedikit kaitkan dengan materi kuliah. Dengan begitu terjadi win win solution. Atau diskusikan budaya K-Pop yang sedang ngetren. Sewaktu saya mengajar Jarkom materi topologi jaringan, saya gunakan nama artis korea semacam Kyuhyun, Kibum dan Siwon dalam topologi jaringan computer saya. Kontan banyak mahasiswi yang tersenyum. Ada saja celah dimana materi kuliah bisa disambung-sambungkan dengan sesuatu yang sedang tren saat ini.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: