9 Tehnik Mengatasi Pikiran Negatif

Diposkan oleh Andri Ansyah on Jumat, 26 April 2013


Untuk sebagian besar darikita, berpikir negatif mungkin sudah menjadibagiandari diri.Ketika hal-hal tidak sesuai rencana, kita dengan mudahmerasa depresidantidak bisa melihat sisibaikdarikejadiantersebut.

Berpikiran negatif tidak membawa kemana-mana, kecuali membuat perasaantambahburuk, yanglaluakan berakibat performa kita mengecewakan.Halinibisa menjadilingkaranyang tidak berujung.

Jessica Padykula menyarankansembilan teknik untuk mencegahdanmengatasipikirannegatif yangadalah sebagai berikut:

1. Hidup disaatini. Memikirkanmasa lalu atau masa depan adalahhal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekalikita panik karena kejadian masa sekarang.Jika Anda menemukan pikirananda terkukungdalam apa yang telahterjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlahbahwa hanya masa kini yangdapat kita kontrol.

2. Katakanhal positif pada diri sendiri Katakanpada diriAnda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan haltersebut terus-menerus, kapanpun.Terutama, mulailahhari denganmengatakan halpositif tentang diri sendiridan hari itu, tidak peduli jika hari ituAnda harus mengambilkeputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telahAnda katakanpada diri sendiri.

3. Percaya pada kekuatanpikiranpositif Jika Anda berpikirpositif, hal-halpositif akandatang dankesulitan-kesulitan akan terasa lebihringan. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akanmenimpa Anda. Hal iniadalahhukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi ataupertukaranenergi. Tidak akanmudah untuk mengubahpola pikir Anda, namun usahanya sebandingdenganhasil yang bisa Anda petik.

4. Jangan berdiam diri. Telusuriapa yang membuat Anda berpikirannegatif, perbaiki, dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaikilagi, berhentimengeluhdan menyesal karena halitu hanya akan menghabiskanwaktudanenergi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajarandarihal tersebut, dankembalimaju.

5. Fokuspada hal-halpositif. Ketika kita sedang sedang berpikirannegatif, seringkali kita lupa akanapa yangkita miliki dan lebihberfokus pada apa yangtidak kita miliki.Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiaphari tulislahlima enam halpositif yang terjadipada haritersebut.Hal positif itubisa berupa hal-hal besar ataupunsekadar hal-hal kecilseperti'hari ini cerah' atau 'makansore hari ini menakjubkan'. Selama Anda tetapkonsisten melakukankegiatanini, hal inimampu mengubahpemikirannegatif Anda menjadi suatupemikiranpositif. Danketika Anda mulaimerasa berpikiran negatif, baca kembalijurnaltersebut.

6. Bergeraklah Berolahraga melepaskanendorphinyangmampumembuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itusekadar berjalan mengelelingiblok ataupunberlari sepuluhkilometer, aktifitas fisik akan membuat dirikita merasa lebih baik.Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebihbaik.

7. Hadapirasa takutmu Perasaannegatif munculdarirasa takut, makin takut Anda akanhidup, makinbanyakpikiran negatif dalam diri Anda.Jika Anda takut akansesuatu, lakukansesuatu itu.Rasa takut adalah bagiandari hidupnamunkita memiliki pilihanuntuk tidak membiarkanrasa takut menghentikankita.

8. Coba hal-halbaru Mencoba hal-halbaru juga dapat meningkatkanrasa percaya diri. Denganmengatakan ya pada kehidupanAnda membuka lebih banyak kesempatanuntuk bertumbuh. Jauhipikiran'ya, tapi...'. Pengalamanbaru, kecil atau besar, membuat hidupterasa lebihmenyenangkan dan berguna.

9. Ubahcara pandang Ketika sesuatutidak berjalandenganbaik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandangyanglebihpositif. Dalam setiap tantanganterdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

Sumber: rileks.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: