Tips memilih nama untuk Bayi

Diposkan oleh Andri Ansyah on Kamis, 02 Agustus 2012




Seperti dikutip dari Babycenter dan Parents,ada beberapa poin yang perlu diperhatikan orangtua dalam memilih nama bayi, yaitu:

1. Hindari nama yang membuat bingung jenis kelamin
Nama-nama tertentu memang bisa digunakan untuk jenis kelamin pria dan wanita. Sebaiknya memberikan nama yang sudah jelas untuk jenis kelaminnya. Nama internasional Courtney atau Aubrey sebenarnya lebih sering digunakan untuk nama wanita tapi beberapa orangtua memakai nama itu untuk anak lelaki, kasihan si kecil kalau terus-terusan disangka perempuan padahal dia lelaki.

2. Jangan terpengaruh nama-nama orang top
Memberikan nama artis yang sedang populer saat ini mungkin terdengar keren. Tapi kadang-kadang kelakuan selebritas yang ditiru berperilaku negatif seperti mabuk-mabukan atau narkoba. Kasihan si anak jika namanya seperti artis yang bermasalah.

3. Buatlah nama yang sederhana, jangan terlalu panjang
Banyak anak-anak sekolah saat ini yang memiliki nama terlalu panjang, belum lagi jika ia harus membawa nama keluarga. Bayangkan jika si kecil harus menulis nama lengkapnya dalam setiap formulir atau kertas ujian yang menggunakan bulatan-bulatan huruf berapa banyak waktu yang harus dihabiskan.

4. Ejaan yang jelas
Banyak orangtua yang membuat nama anaknya dengan ejaan yang dibuat sendiri agar terkesan beda. Misalkan nama Susilo dibuatnya menjadi Shoosilow. Jika mereka berinteraksi dengan orang lain tentu yang mendengar nama Susilo akan mengeja dengan ejaan biasa, dan ini akan menjadi pekerjaan si anak seumur hidupnya untuk mengoreksi kesalahan nama yang ditulis orang.

Sementara pemilihan nama bisa dilakukan dengan pertimbangan:
1. Indah dan serasi
Bagaimana suatu nama terdengar saat ada seseorang yang memanggil adalah salah satu hal yang harus dipikirkan. Usahakan untuk mencari kecocokan dengan nama terakhir keluarga, atau antar kata terdengar indah jika digabungkan dalan sebuah nama.

2. Unik
Nama yang tidak biasa memiliki keunggulan yang membuat anak berbeda dari nama-nama umum lainnya, seperti tidak memiliki nama yang sama saat disekolah. Namun, nama unik ini harus tetap enak di dengar, serasi dan gampang dieja. Selain itu hindari nama unik yang aneh atau sulit diucapkan yang bisa menjadi bahan ledekan anak-anak.

3. Nama keluarga dan keturunan
Nama keluarga adalah sesuatu hal yang penting untuk mengetahui keturunan dari anak tersebut. Terkadang ada keluarga yang memberikan nama sesuai urutan kelahiran atau tradisi keluarga.

4. Memiliki arti positif
Makna dari nama terkadang bisa mempengaruhi kehidupan si anak nantinya. Berilah anak dengan nama yang mengandung makna positif serta hindari nama-nama yang memiliki arti buruk. Terlebih sebuah nama akan dibawa anak sepanjang hidupnya.

5. Memperhatikan inisial dan nama panggilan
Usahakan orangtua menghindari nama yang dapat memicu julukan-julukan tertentu sehingga bisa memalukan anak. Serta carilah inisial nama yang unik dan nama panggilan yang mudah diingat atau mudah diucapkan.

Tidak ada satupun peraturan yang sulit dalam memilih nama untuk anak Anda. Tapi satu hal yang pasti dan harus diingat dalam memberikan nama untuk si buah hati adalah Anda dan pasangan sama-sama menyukai nama tersebut dan yakin nama itu cocok disandangnya hingga dewasa

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

Jika Anda Menyukai Artikel Ini, Silahkan Komentari Dengan Sopan dan Santun :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: