contoh LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBINAAN KEPEMUDAAN BIDANG KETERAMPILAN

Diposkan oleh Andri Ansyah on Senin, 09 Juli 2012


LAPORAN

PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBINAAN
KEPEMUDAAN BIDANG KETERAMPILAN
MEMBUAT DOMPET DENGAN TEKNIK MENJAHIT
DESA PENENGAHAN
KECAMATAN KEDONDONG KABUPATEN PESAWARAN

Dibuat dalam rangka
Untuk memenuhi persyaratan praktek pembelajaran mata kuliah
Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan


Disusun oleh :

NAMA            : HENDRA NOPRIAWAN
NIM                : 815 421 571
POKJAR        : KEDONDONG





 


















UNIVERSITAS TERBUKA
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH (UPBJJ)
BANDAR LAMPUNG
TAHUN 2010






KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyusun laporan praktik Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.

Kami merasa bahagia dengan tersusunnya laporan tentang pelaksanaan Program Kepemudaan Bidang Keterampilan membuat dompet dengan teknik menjahit sebagai tugas akhir mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan.

Mengingat segala keterbatasan yang dihadapi, penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharap kritik yang membangun dari semua pihak.

Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.









                                                                              
                                                                                  Penulis,





                                                                                        
HENDRA NOPRIAWAN
                                                                     NIM. 8 1 5 4 2 1 5 7 1











DAFTAR ISI

Halaman Judul ............................................................................................................................... i
Kata Pengantar ............................................................................................................................ ii
Daftar Isi ..................................................................................................................................... iii

BAB. I PENDAHULUAN .......................................................................................................... 1
         
A.     Latar Belakang ......................................................................................................... 1
B.     Tujuan ...................................................................................................................... 1
C.     Hasil Kegiatan Secara Umum .................................................................................... 1

BAB. II PELAKSANAAN PROGRAM ..................................................................................... 2

A.     Tempat dan Waktu Pelaksanaan ................................................................................ 2
B.     Materi Pelatihan / Kegiatan ........................................................................................ 2
C.     Strategi dan Deskripsi Jalannya Kegiatan .................................................................... 3

BAB. III TEMUAN DAN HASIL ............................................................................................... 4

A.     Temuan / Hasil Evaluasi Proses .................................................................................. 5
B.     Temuan / Hasil Evaluasi Produk ................................................................................. 6
C.     Pembahasan .............................................................................................................. 7
D.     Gambaran Keaktifan .............................................................................................. 8-9

BAB. IV KESIMPULAN SARAN DAN TINDAK LANJUT .................................................. 10

A.     Kesimpulan ............................................................................................................. 10
B.     Saran ...................................................................................................................... 10
C.     Tindak Lanjut ......................................................................................................... 10


LAMPIRAN-LAMPIRAN














BAB I PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang

         Pemuda merupakan salah satu modal dasar pembangunan yang perlu dihimpun dan dibina agar benar-benar mampu mengambil peran aktif dalam pembangunan di daerah. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, ditangan pemuda pembangunan bangsa ini akan berjalan sesuai dengan harapan para pemimpin Negara. Dewasa ini peran aktif pemuda tersebar melalui berbagai wadah, salah satunya melalui pembinaan lembaga kepemudaan.
Melalui program pendidikan dari masyarakat substansi dari praktik mata kuliah Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, penulis melakukan penelitian yang meliputi bimbingan Warga Belajar (WB). Adapun substansi yang menjadi objek penelitian adalah kegiatan kepemudaan bidang ketrampilan membuat dompet. Hal ini penulis lakukan karena masih banyak para pemuda usia produktif yang belum mempunyai keterampilan, hal dapat dilihat pada data di Desa Madajaya 40% pemuda usia produktif yang tidak memiliki keterampilan dan rendahnya pendidikan formal mereka, rata-rata mereka hanya mengenyam pendidikan hanya sampai lulus SD dan SMP saja, apabila dilakukan bimbingan terhadap para pesertanya maka akan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang keterampilan khususnya. Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan perekonomian dan memperkecil pengangguran di desa kami.
Untuk dapat mengembangkan kemampuan sebagai mahasiswa lulusan S1 PGSD dibidang sosial, diperlukan peran aktif mahasiswa sebagai warga masyarakat serta praktik dari segala ilmu yang telah diperoleh mahasiswa pada saat mengikuti perkuliahan untuk dapat berkiprah ditengah-tengah masyarakat.
Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan dan menambah wawasan dalam bidang ketrampilan dilingkungan penulis berada.

B.     Tujuan Penyelenggaraan Kegiatan Kepemudaan

         Salah satu upaya peran serta mahasiswa dalam rangka ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dubidang keterampilan khususnya serta peningkatan ekonomi masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan jumlah pengangguran semakin mengecil karena masih banyaknya pemuda usia produktif didesa kami yang sebenarnya mereka memiliki potensi tapi perlu dikembangkan, melatih kemandirian dan meningkatkan penghasilan masyarakat maka diadakan kegiatan keterampilan membuat dompet agar bermanfaat bagi mereka sebagai bekal dimasa yang akan datang.

C. Hasil Kegiatan Secara Umum

        Setelah dilatih selama tujuh hari sekitar 85% dari anggota sudah sesuai dengan apa yang diharapkan dan hasinya cukup memuaskan, mereka benar-benar berusaha untuk dapat menguasai keterampilan.


BAB II PELAKSANAAN PROGRAM

A. Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan

1.      Tempat Pelaksanaan Kegiatan
       Tempat pelaksanaan kegiatan kepemudaan keterampilan membuat dompet dengan teknik menjahit diadakan di Balai Desa Penengahan Kec. Kedondong Kab. Pesawaran.
  1.  Waktu Pelaksanaan Kegiatan
           Kegiatan keterampilan membuat dompet dilaksanakan setiap hari sabtu 2 Oktober  - 20 November 2010

B.Materi Pelatihan / Kegiatan

Program kegiatan ini terdiri dari 5 hal pokok kegiatan keterampilan membuat dompet yang meliputi

  1. Pemberian Teori

Waktu : 60 menit (pukul 15.00 – 16.00 WIB)
Materi : Cara membuat dompet
Tanggal Kegiatan : 2 Oktober  2010
Tujuan Khusus : Anggota dapat memahami cara membuat dompet, mengetahui jenis-jenis dompet serta mengetahui bahan dan alat yang digunakan untuk membuat dompet.
Bahan dan Media : Contoh dompet yang telah jadi serta beberapa peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat dompet.

Seperti proses kegiatan keterampilan pada umunya, sebelum praktek membuat dompet maka kita berikan dulu materi / teori membuat dompet. Hal ini bertujuan agar peserta didik memahami cara membuat dompet dan mengenal jenis-jenis dompet, serta mengetahui bahan-bahan dan alat yang digunakan untuk membuat dompet. Adapun bahan dan alat yang digunakan untuk membuat dompet adalah :
a. Kain khusus untuk membuat dompet
b. Kain saten
c. Kancing
d. Resleting
e. Kertas tebal / kertas karton
f. Benang
g. Lem
h. Gunting
i. Pisau
j. Penggaris
k. Pensil
l. Mesin jahit
m. Mesin seser
n. Plastik mika

2.  Pembuatan Pola

Waktu : 60 menit (pukul 15.00 – 16.00 WIB)
Materi : Cara membuat pola dan sekaligus langsung dipraktikan
Tanggal Kegiatan : 9 Oktkber 2010
Tujuan Khusus : Peserta dapat membuat pola sendiri.
Bahan dan Media : Kain, pensil, penghapus karet, karton, kain khusus untuk dompet, kain saten, mesin seser (mesin untuk memotong kain dompet)
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah pembuatan pola, dalam pembuatan pola semua alat dan bahan harus kita siapkan.
Pertama, kain khusus untuk membuat dompet kita ukur panjang dan lebarnya sesuai dengan model dompet yang akan kita inginkan. Kain khusus untuk membuat untuk membuat dompet ini untuk bagian luar dompet. Setelah kita ukur panjang dan lebarnya kemudian kita garis menggunakan pensil dan dipotong menggunakan mesin seser, mesin seser yaitu mesin khusus untuk memotong kain domper supaya hasilnya rapi. Setelah itu kain saten juga diukur dan dipotong ukurannya sesuai dengan ukuran kain khusus untuk membuat dompet tadi. Kain saten ini merupakan kain untuk dalaman dompet. Kertas karton juga kita ukur panjang dan lebarnya sesuai dengan kain dompet tadi kemudian kita potong. Tahap selanjutnya adalah kita buat pola untuk bagian dalam dompet, kita buat seperti pola untuk tempat foto, KTP, kartu kredit seperti dompet pada umunya.

  1. Mengelem Dompet

Waktu : 15 menit (15.00 – 15.15 WIB)
Materi : Mengelem bagian pola dompet
Tanggal kegiatan : 16 Oktoer 2010
Tujuan khusus : Peserta dapat mengelem dompet dengan rapi
Bahan dan Media : Lem khusus untuk dompet
Setelah semua pola jadi maka langkah selanjutnya yaitu mengelem. Kain khusus untuk dompet kita lem kemudian rekatkan kertas karton dan kain saten. Kertas karton ini berada ditengah-tengah diantara kain khusus untuk dompet dan kain saten. Kertas karton ini berfungsi untuk mengauatkan dompet. Bagian dalaman dompet kita susun dan rekatkanpula dengan lem supaya lebih kuat.

  1. Menjahit Dompet

Waktu : 6 jam (3x pertemuan)
Pukul 14.00 – 16.00 WIB
Materi : Cara menjahit dompet
Tanggal kegiatan : 23 dan 30 Oktober 2010
Tujuan khusus : Peserta dapat menjahit dompet dengan teknik yang benar
Bahan dan Media : Kain dompet, mesin jahit, jarum, dan benang
Setelah semua bahan dan media disiapkan kegiatan menjahit dimulai. Pada tahap ini harus berhati-hati tekun dan teliti supaya hasil jahitannya bagus.
Adapun cara menjahit yaitu :
- Siapkan mesin jahit dan benang
- Siapkan kain dompet yang telah direkatkan dengan karton dan kain saten
- Siapkan bagian dalaman untuk dompet, yaitu tempat untuk foto, KTP, kartu kredit dsb.
- Langkah selanjutnya kita jahit kain dompet tadi yang telah direkatkan dengan karton dan kain saten. Kemudian kita pasangkan resleting, ini merupakan badan dompet.
- Kita jahit pola bagian dalam dompet kemudian kita satukan dengan badan dompet. Pada bagian dalaman dompet khusus untuk tempat foto pasangkan plastik mika.
- Pasangkan kancing, pada tahap terakhir kita pasangkan kancing.

  1. Pemajangan
 
Waktu : 1 jam (15.00 – 16.00 WIB)
Materi : Memamerkan hasil karya
Tanggal kegiatan : 6 November 2010
Tujuan khusus : Peserta memahami cara memamerkan hasil karya
Tahap yang terakhir adalah pemajangan, maksud dari pemajangan adalah untuk memamerkan hasil pembuatan dompet kepada orang lain.

C.     Strategi dan Deskripsi Jalannya Kegiatan

Dalam keterampilan membuat dompet sekitar 5 pemuda mendapatkan hasil yang cukup memuaskan, mereka adalah Taqwa Tegar, Dimas, Astiyani, Ambariyah, Siti Munawaroh, mereka selalu memperhatikan sehingga hasilnyapun cukup memuaskan berbeda dengan Husna dan Yanto mereka selalu datang terlambat dan dalam menerima pelajaran juga sering bersenda gurau, tapi pada dasarnya ketujuh pemuda tersebut berusaha untuk dapat membuat keterampilan ini.
Penilaian hasil kegiatan keterampilan membuat dompet
Kelompok Kegiatan : Abadi
Alamat : Jalan Raya Mada jaya, RT/RW 005/010 Kec. Kedondong  Kab. Pesawaran
Tutor : Hendra Nopriawan

No
Kegiatan Membuat Dompet
Hasil Kegiatan
Keterangan
A
B
C
D
1.
Pemberian Teori 
Ö
-
-
-

2.
Pembuatan Pola
-
Ö
-
-

3.
Mengelem Dompet
Ö
-
-
-

4.
Menjahit Dompet
-
-
Ö
-

5.
Pemajangan
Ö
-
-
-

Keterangan :
A : Baik Sekali
B : Baik
C : Cukup
D : Kurang

BAB III TEMUAN DAN HASIL

A. Temuan / Hasil Evaluasi Proses
Format Tentang Kehadiran
No Nama Tanda Tangan Ket.
11-04-10 18-04-10 25-04-10 02-05-10 09-05-10 16-05-10
1 Taqwa Tegar
2 Husna
3 Dimas
4 Ambariyah
5 Yanto
6 Astiyani
7 Siti

Dari ketujuh warga kepemudaan keterampilan membuat dompet semuanya hadir hanya ada yang tidak tepat waktu.

B. Temuan / Hasil Evaluasi Proses Produk
No Nama Aspek yang Dinilai Ket
Kerapian Variasi Kreasi Hasi Akhir
1 Taqwa Tegar Sangat rapi Kurang variasi B B
2 Husna Kurang rapi Kurang variasi C B
3 Dimas Cukup rapi Sedikit variasi B B
4 Ambariyah Sangat rapi Sedikit variasi B B
5 Yanto Sangat rapi Kurang variasi C B
6 Astiyani Sangat rapi Sangat variasi A A
7 Siti Sangat rapi Sangat variasi A A

Keterangan : Skor
A : Baik Sekali 90-100
B : Baik 80
C : Cukup 70
D : Kurang 60
Sangat rapi 90-100
Kurang rapi 80
Tidak rapi 70
Sangat variasi 90-100
Sedikit variasi 80
Kurang variasi 70
Produk yang dihasilkan dari pelatihan keterampilan membuat dompet cukup memuaskan, pada dasarnya para pemuda sangat berminat pada keterampilan ini, di desa kami memang sebagian besar berprofesi sebagai penjahit. Maka dalam pelatihan keterampilan membuat dompet dengan teknik menjahit ini tidak begitu sulit, mereka dengan cepat dapat memahaminya.



C. Pembahasan
 
Dari ketujuh warga belajar Taqwa Tegar sehari-hari aktif datang dan cukup merespon kegiatan, Dimas aktif datang dan kalau kurang jelas terhadap materi yang ajarkan dia selalu bertanya, Ambariyah aktif datang tapi kadang-kadang terlambat dan dalam mengikuti kegiatan juga selalu aktif bertanya. Berbeda dengan Husna dan Yanto dia sering terlambat dan dalam menjahit masih kurang lancer. Astiyani lumayan aktif dalam mengikuti kegiatan, sedangkan Siti sangat aktif datang dan tepat waktu serta dengan cepat ia dapat memahami materi yang diajarkan.
Berdasarkan kegiatan tersebut yang paling aktif dalam mengikuti kegiatan adalah Siti dan yang kurang aktif dalam mengikuti kegiatan adalah Husna dan Yanto.

D. Keaktifan
No Nama Berpartisipasi Diam
Ö1 Taqwa Tegar 
2 Husna
Ö
Ö3 Dimas 
Ö4 Ambariyah 
5 Yanto
Ö
Ö6 Astiyani 
Ö7 Siti 

Berpartisipasi : 90-100
Diam : 80-70
Dari ketujuh warga kegiatan 5 warga belajar cukup aktif dan responsif dalam mengikuti kegiatan kepemudaan membuat dompet hanya 2 warga belajar yang kurang aktif.





















BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN



A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan kepemudaan keterampilan membuat dompet dengan teknik menjahit di desa Penengahan kecamatan Kedondong kabupaten Pesawaan  dapat disimpulkan bahwa anggota kegiatan kepemudaan keterampilan membuat dompet dapat memahami dan melaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari produk yang dihasilkan.
Dengan kegiatan ini diharapkan jumlah pengangguran di desa Penengahan semakin berkurang dan para pemuda usia produktif dapat mengembangkan keterampilan yang dimilikinya serta dapat melatih kemandirian.
Tingkat kesadaran yang tinggi serta antusias warga belajar dan minat warga belajar sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancer dan menghasilkan produk yang cukup memuaskan. Ini semua juga karena kegiatan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak yaitu Kepala Desa, perangkat desa serta warga belajar.


B. Saran

  1. Hendaknya lebih ditingkatkan lagi pemanfaatan sumber daya manusia yang ada di desa       Penengahan dengan keberadaan para penyuluh keterampilanyang ada di desa tersebut.

  2. Ilmu yang telah di dapat dari hasil kegiatan ini dapat ditumbuhkembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi.

  1.  Keharmonisan hubungan masyarakat desa dengan kepala desa dan perangkat desa hendaknya dijadikan sebagai modal dasar bagi kemajuan dan peningkatan perekonomian masyarakat Penengahan.

C. Tindak Lanjut

Setelah kegiatan ini selesai diharapkan pihak kelurahan / desa menindaklanjuti kegiatan tersebut, pihak kelurahan / desa diharapkan bisa memfasilitasi kegiatan tersebut agar kegiatan tersebut terus berjalan. Pihak kelurahan / desa dapat mengajukan proposal kepada pemerintah atau sementara bisa diambilkan dari dana ADD
Di usahakan kelompok pengrajin dompet agar dapat mengajukan proposal ke Dinas sosial untuk mendapatkan binaan dan bantuan Dana.


IDENTIFIKASI KEBUTUHAN KEGIATAN KEPEMUDAAN



NAMA MAHASISWA           : HENDRA NOPRIAWAN
NIM                                        : 815 421 571
POKJAR                                 : KEDONDONG
UPBJJ-UT                               : 20 BANDAR LAMPUNG


No
Nama Pemuda/i
Identitas
Minat Kegiatan Kepemudaan
Cita-cita
L/P
Usia
pendidikan
1.
Hasbuna
L
19 Th
SMP
Sangat Antusias

2.
Wanda Irawan
L
17 Th
SMP
Sangat Antusias

3.
Dimas Ilmi
L
19 Th
SD
Sangat Antusias

4.
Astiyani
P
18 Th
SMP
Sangat Antusias

5.
Yanto
L
23 Th
SD
Sangat Antusias

6.
Ambariyah
P
20 Th
SMP
Sangat Antusias

7.
Siti Dahlia
P
18 Th
SMP
Sangat Antusias


Mengetahui


                                                                                                         KUPTD Pendidikan           
                          Kepala Desa                                                        Kecamatan Kedondong
                                                                                                             Penilik PNF-I




                            AZWAR                                                               RUJA’I ARIFIN
                                                                                                           NIP. 130 638 630


Instruktur Mata Kuliah




Drs. NGALIMAN
NIP. 19650412 199603 1 016

          

FORMULIR DATA PRIBADI WARGA BELAJAR

Nama                                       :………………………………………………
Tanggal lahir                             : ………………………………………………
Tempat lahir                             : ………………………………………………
Umur                                        : ………………………………………………
Jenis kelamin                            : Laki-laki / Perempuan
Alamat                                     : ………………………………………………
RT / RW                                  : ………………………………………………
Desa / Dusun                            : ………………………………………………
Kecamatan                               : ………………………………………………
Status dalam keluarga   :
        1. Suami     2. Istri      3. Anak      4. Orang tua / Mertua      5. Lain-lain

Statur dalam perkawinan           :
        1. Kawin       2. Tidak Kawin      3. Duda / Janda

Pekerjaan :       1. Pedagang
2. Nelayan
3. Petani
4. Peternak
5. Buruh tani / bangunan
6. Wiraswasta
7. Pelajar
8. Pembantu rumah tangga
9. Tidak bekerja
10. Lain-lain
Keterampilan yang dibutuhkan / diinginkan :
1. Perikanan
2. Peternakan
3. Menjahit / menyulam
4. Memasak kue-kue
5. Memasak minuman
6. Memasak lauk-pauk
7. Memasang payet
8. Olah raga
9. Menari
10. Membuat dompet

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: