contoh surat pernyataan teman sejawat

Diposkan oleh Andri Ansyah on Minggu, 27 Mei 2012


Format Kesediaan Sebagai Teman Sejawat
Dalam Penyelenggaraan PKP

Kepada
Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung
Di Bandar Lampung

Yang bertanda tangan dibawah ini, menerangkan bahwa :
Nama                           : YUSMADI, S. Pd SD
NIP                             : 19650107 198603 1 007
Tempat Mengajar        : SD Negeri 2 Sukajaya
Alamat Sekolah           : Suka Jaya Kecamatan Kedondong  Pesawaran
Telepon                       : 082185249659

Menyatakan bersedia sebagai teman sejawat untuk mendampingi dalam pelaksanaan PKP atas nama:
            Nama                           : HENDRA NOPRIAWAN
            NIM                            : 815 421 571
            Program Studi             : S1-PGSD
Tempat Mengajar        : SD Negeri 2 Sukajaya
Alamat Sekolah           : Suka Jaya  Kecamatan Kedondong  Pesawaran
Telepon                       : 081541492236

Demikian pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


Suka Jaya, 24 April 2012
                Mengetahui                                                 Teman Sejawat
      Kepala SDN 2 Suka Jaya 



     SITI LAILA NURLIA, S. Pd                      YUSMADI, S. Pd SD
      NIP. 19610914 198010 2 001                       NIP. 19650107 198603 1 007


SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan dibawah ini :

            Nama                           : HENDRA NOPRIAWAN
            NIM                            : 815 421 571
            UPBJJ-UT                   : Pokjar Kedondong

Menyatakan bahwa :

            Nama                           : YUSMADI, S. Pd. SD
            Tempat Mengajar        : SD Negeri 2 Sukajaya
            Guru Kelas                  : V (Lima)

Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran, yang merupakan tugas kuliah PDGK 4904 Pemantapan Kemampuan Propesional (PKP).

Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.



                                                                                 Sukajaya, 24 April 2012

                                                                                 Yang Membuat Pernyataan
                   Teman Sejawat,                                     Mahasiswa,



               YUSMADI, S. Pd SD                              HENDRA NOPRIAWAN
         NIP. 19650107 198603 1 007                         NIM. 815 421 571




I.  PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dimana setiap warga Negara berhak atas pendidikan itu. Dengan adanya pendidikan maka manusia dapat memperkaya diri dan mencapai taraf kebudayaan yang lebih tinggi, sehingga masing-masing manusia akan mengalami banyak perkembangan di berbagai bidang kehidupan.
Pendidikan Sekolah Dasar bukan hanya memberikan bekal kemampuan intlektual, dasar dalam membaca, menulis dan berhitung saja melainkan juga berbagai proses pengembangan kemapuan dasar peserta didik secara optimal dalam segala aspek.
Beberapa hal yang berpengaruh bagi peserta didik diantaranya sarana-prasarana, motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, serta profesionalisme guru, semangat siswa belajar terkadang menurun sehingga terkadang proses pembelajaran menjadi kurang menarik terutama pada jam-jam pelajaran terakhir.
Mata pelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran utama eksak dan Pelajaran IPS sebagai salah satu mata pelajaran utama Non-eksak di sekolah dasar. Pembelajaran mata pelajaran ini biasa diajarkan secara konvensional hampir di setiap sekolah dasar, dengan metode klasik ceramah sehingga menciptakan kejenuhan dalam lingkungan belajar, dikarenakan siswa hanya cenderung mendengar dan mendengarkan. Dan hal tersebut menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi ajar.
Berkaitan dengan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, ketika proses pembelajaran yang terjadi di kelas pada jam pelajaran terakhir, penulis menemukan ada siswa yang kelihatan pasif seperti tidak ada gairah belajar, sulit memahami pelajaran yang sedang diikuti bahkan ada yang sibuk dengan hal lain. Keadaan tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan menguasai materi pembelajaran.
Setelah guru melakukan pengamatan di dalam kelas V dan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan salah satu penyebab rendahnya pencapaian KKM siswa kemungkinan adalah metode pembelajaran yang dilakukan tidak mengaktifkan siswa. Oleh karena itu penulis berupaya meningkatkan aktivitas belajar siswa yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Demonstrasi.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi dan analisis masalah, rumusan masalah yang menjadi fokus perbaikan dan penelitian adalah :”Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa Mata Pelajaran Matematika dan IPS Menggunakan Metode Demonstrasi  di Kelas V SD Negeri 2 Sukajaya”

C.   Tujuan Perbaikan
1. Untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dalam Mata Pelajaran Matematika dan IPS dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Sukajaya.
2. Untuk mengetahui apakah penggunaan metode Demonstrasi dalam Mata Pelajaran Matematika dan IPS dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Sukajaya.
3. Untuk mendeskripsikan penggunaan demonstrasi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan Prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 2 Sukajaya

D. Manfaat Perbaikan
1. Bagi Siswa
a. Dapat meningkatkan minat dan aktifitas belajar siswa
b. Menambah tingkat penguasaan materi pelajaran dari sebelumnya
2. Bagi Guru
a. Dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar
b. Dapat merefleksi kegiatan belajar mengajar
3. Bagi Sekolah
a. Dapat meningkatkan mutu dan keberhasilan sekolah
b. Membawa nama baik sekolah


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : V (Lima) / 2
Alokasi Waktu            : 3 X 35 Menit

I.              Standar Kompetensi :
v  Menentukan sifat-sifat bangun datar dan hubungan anatar bangun

II.            Kompetensi Dasar :
v  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

III.         Indikator :
v  Menggambar bangun datar dari sifat-sifat bangun datar yang diberikan

IV.         Tujuan Pembelajaran :
·         Mengetahui sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang

V.            Materi Ajar :
·         Sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang, kesebangunan dan simetri

VI.          Metode Pembelajaran :
            Demonstrasi dan Tanya Jawab

VII.      Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
·         Salam, Berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengabsen siswa yang tidak hadir.
·         Mengulang kembali sekilas mengenai sifat-sifat bangun datar juga bentuk-bentuk, macam-macam bangun datar
Kegiatan Inti :
·         Memberikan contoh cara menggambar macam-macam segitiga (sama kaki, sama sisi) dengan menggunakan jangka dan penggaris.
·         Memberikan contoh cara menggambar lingkaran sesuai dengan sifat yang diminta dengan menggunakan jangka.
·         Memberikan contoh cara menggambar macam-macam bangun datar yang lain (selain segitiga) dengan menggunakan penggaris.
·         Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Kegiatan Akhir :
·         Guru mengulang kembali cara menggambar macam-macam bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang diketahui,
·         Memberikan pekerjaan rumah.

VIII.   Alat/Bahan dan Sumber Belajar :
·         Buku Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas V, Penerbit Erlangga
·         Macam-macam bentuk Kerangka Bangun ruang
·         Penggaris
·         Jangka
IX.         Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Uraian
Soal

1.      Gambarlah segitiga ABC dengan panjang AB= 5 cm, BC = 6 cm, AC = 6 cm!
2.      Gambarlah segitiga PQR dengan panjang PQ = 4 cm, QR = 4 cm, dan PR = 4 cm!
3.      Gambarlah sebuah lingkaran yang diameternya 6 cm!
4.      Gambarlah sebuah persegi yang semua sisinya 5 cm!
5.      Gambarlah sebuah persegi panjang ABCD dengan panjang AB = 6 cm, BD = 4 cm, CD = 6 cm, dan AD = 4 cm !






Kunci jawaban :

































Sukajaya, 25 April 2012
                          Mengetahui                           Praktikan,
                 Kepala SD 2 Sukajaya



         SITI LAILA NURLIA, S. Pd             HENDRA NOPRIAWAN
         NIP. 19610914 198010 2 001              NIM. 815 421 571
HASIL TEST FORMATIF
 MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS V SD NEGERI 2 SUKAJAYA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No
Nama
L/P
Nilai
Keterangan
1
Dahliana
P


2
Efendi
L


3
Heni Indriani
P


4
Ika Aulia
P


5
Ishaki
L


6
Laili Aprida
P


7
M. Afandi Harza
L


8
M. Ikbal
L


9
Marliana
P


10
Meri Handayani
P


11
Mupidah
P


12
Nopiansyah
L


13
Nurlaila Sari
P


14
Nurmaulida
P


15
Nurul Hidayat
L


16
Oka Saputra
L


17
Rahadian Mareza
L


18
Rido Setiawan
L


19
Rohimuddin
L


20
Sandra anitiara nisa
P


21
Sella ummiya
P


22
Tata atma dewi
P


23
Zaini
L


Jumlah


Nilai rata-rata






Sukajaya,25 April 2012
Praktikan,



HENDRA NOPRIAWAN
NIM:815421571



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V (Lima) / 2
Alokasi Waktu            : 2 X 35 Menit

I.                   Standar Kompetensi :
v  Menghargai tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

II.            Kompetensi Dasar :
v  Menghargai jasa dan peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

III.         Indikator :
·         Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
·         Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
·         Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.

IV.         Tujuan Pembelajaran :
·         Mendeskripsikan kerja keras para tokoh selama masa persiapan kemerdekaan dan proses perumusan dasar negara.
·         Menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.

V.            Materi Ajar (Materi Pokok) :
·         Masa persiapan kemerdekaan

VI.          Metode Pembelajaran :
            Demonstrasi dan Tanya Jawab

VII.      Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
·         Salam, Berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengabsen siswa yang tidak hadir.
·         Mengajak siswa untuk mengingat kembali analogi tentang pembangunan rumah dan mengupamakan peran tukang bangunan dalam proses pembangunan rumah seperti peran tokoh-tokoh atau pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan.
Kegiatan Inti :
·         Menanyakan kepada siswa, apa saja perlawanan yang terjadi pada masa penjajahan belanda dan nama lembaga bentukan jepang.n siswa menjawab denga cepat.
·         Menjelaskan pentingnya usaha kerja keras para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.
·         Memberikan tugas melakukan stadi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan jepang dalam persiapan mencapai kemerdekaan.
Kegiatan Akhir :
·         Mengajak siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari, guru hanya meluruskan poin-poin kesimpulan tersebut.

VIII.   Alat/Bahan dan Sumber Belajar :
-          Gambar-gambar pahlawan Nasional, Pemuka Masyarakat
-          Buku sejarah Indonesia
-          Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V.
IX.         Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
isian
Soal-soal
1.      Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta diculik para pemuda pejuang ke daerah kerawang tepatnya di ....
2.      Gelar plokamator diberkan kepada ....
3.      Bagaimana cara menghargai jasa tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan ?
4.      Pancasila dan UUD 1945 di rumuskan pada saat Indonesia dalam keadaan ....
5.      Tokoh bangsa Indonesia yang telah memberi teladan yang baik bahwa segala masalah dapat di selesaikan denga cara ....
Kunci Jawaban
1.      Rengas Dengklok jawa barat
2.      Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
3.      Menjaga hasil karya besar para tokoh bangsa indonesia dan melanjutkan cita-cita mereka
4.      Masa-masa genting
5.      Bermusyawarah



             Sukajaya, 27 April 2012
                          Mengetahui                                        Praktikan,
                 Kepala SD 2 Sukajaya



         SITI LAILA NURLIA, S. Pd                         HENDRA NOPRIAWAN
         NIP. 19610914 198010 2 001                          NIM. 815 421 571





HASIL TEST FORMATIF
 MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
KELAS V SD NEGERI 2 SUKAJAYA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No
Nama
L/P
Nilai
Keterangan
1
Dahliana
P


2
Efendi
L


3
Heni Indriani
P


4
Ika Aulia
P


5
Ishaki
L


6
Laili Aprida
P


7
M. Afandi Harza
L


8
M. Ikbal
L


9
Marliana
P


10
Meri Handayani
P


11
Mupidah
P


12
Nopiansyah
L


13
Nurlaila Sari
P


14
Nurmaulida
P


15
Nurul Hidayat
L


16
Oka Saputra
L


17
Rahadian Mareza
L


18
Rido Setiawan
L


19
Rohimuddin
L


20
Sandra anitiara nisa
P


21
Sella ummiya
P


22
Tata atma dewi
P


23
Zaini
L


Jumlah



Nilai rata-rata







Sukajaya,27 April 2012
Praktikan,



HENDRA NOPRIAWAN
NIM:815 421 571


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
                                                         (APKG - PKP 1)
LEMBAR PENILIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKANPEMBELAJARAN

NAMA GURU/MAHASISWA
NIM
TEMPAT MENGAJAR
KELAS
MATA PELAJARAN
WAKTU
TANGGAL
:
:
:
:
:
:
:
HENDRA NOPRIAWAN
815 421 571
SD Negeri 2 Sukajaya
V (lima)
MATEMATIKA
3 x 35 menit
1 Mei 2012

Petunjuk:
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan olehguru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini :

1
Menentukan bahan pembelajaran dan
merumuskan tujuan
1

2

3

4

5



1.1 Menggunakan bahan pembelajaran












Yang sesuai dengan kurikulum dan











masalah yang diperbaiki






1.2 Merumuskan tujuan khusus/Indikator












perbaikan pembelajaran













Rata-rata butir 1 = A



2
Mengembangkan dan mengorganisasikan
Materi, media (alat bantu) dan alat sumber
Belajar.












2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan












Materi pembelajaran












2.2 Menentukan dan mengembangkan












Alat bantu perbaikan pembelajaran












2.3 memilih sumber belajar


























Rata-rata butir 2 = B


3
Merencanakan skenario kegiatan –
pembelajaraan











3.1 Menetukan jenis kegiatan perbaikan











pembelajaran











3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan











pembelajaran











3.3 Menentukan alokasi waktu perbaikan











pembelajaran












3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa























3.5 Menyiapkan pertanyaan
























Rata-rata butir 3 = C














4
Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran











4.1 Menetukan penataan ruang dan











Fasilitas belajar











4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian











Siswa dapat berpartisipasi dalam











      pembelajaran












Rata-rata butir 4 = D














5
Merencana prosedur, jenis, dan
Menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran











5.1 Menetukan prosedur danjenis penilaian























5.2 Membuat alat-alat penilaian











Dan kunci jawaban





Rata-rata butir 5 = E


6
Tampilan dokumen rencan perbaikan pembelajaran











6.1 Kebersihan dan kerapihan























6.2 penggunaan bahasa tulis

















Rata-rata butir 6 = F




Nilai  APKG 1 = R








Sukajaya, 1 Mei 2012
Pembimbing/Penguji I




HERMI YANZI, S.Pd, M. Pd
NIP. 19820727 200604 1 002




Pembimbing/Penguji II




_______________________                         
NIP.                             



Rencana Perbaikan Pembelajaran 1

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : V (Lima) / 2
Alokasi Waktu            : 3 X 35 Menit

I.                   Standar Kompetensi :
v  Menentukan sifat-sifat bangun datar dan hubungan anatar bangun

II.                Kompetensi Dasar :
v  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

III.         Indikator :
v  Menggambar bangun datar dari sifat-sifat bangun datar yang diberikan

IV.         Tujuan Pembelajaran :
·         Mengetahui sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang

V.            Materi Ajar :
·         Sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang, kesebangunan dan simetri

VI.          Metode Pembelajaran :
            Demonstrasi dan Tanya Jawab

VII.      Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
·         Salam, Berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengabsen siswa yang tidak hadir.
·         Mengulang kembali sekilas mengenai sifat-sifat bangun datar juga bentuk-bentuk, macam-macam bangun datar
Kegiatan Inti :
·         Memberikan contoh cara menggambar macam-macam segitiga (sama kaki, sama sisi) dengan menggunakan jangka dan penggaris.
·         Memberikan contoh cara menggambar lingkaran sesuai dengan sifat yang diminta dengan menggunakan jangka.
·         Memberikan contoh cara menggambar macam-macam bangun datar yang lain (selain segitiga) dengan menggunakan penggaris.
·         Mengevaluasi siswa dengan mengerjakan soal-soal latihan menggambar macam-macam bangun datar.
Kegiatan Akhir :
·         Guru mengulang kembali cara menggambar macam-macam bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang diketahui,
·         Memberikan pekerjaan rumah.

VIII.   Alat/Bahan dan Sumber Belajar :
·         Buku Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Kelas V, Penerbit Erlangga
·         Macam-macam bentuk Kerangka Bangun ruang
·         Penggaris
·         Jangka
IX.         Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Uraian
Soal

6.      Gambarlah segitiga ABC dengan panjang AB= 5 cm, BC = 6 cm, AC = 6 cm!
7.      Gambarlah segitiga PQR dengan panjang PQ = 4 cm, QR = 4 cm, dan PR = 4 cm!
8.      Gambarlah sebuah lingkaran yang diameternya 6 cm!
9.      Gambarlah sebuah persegi yang semua sisinya 5 cm!
10.  Gambarlah sebuah persegi panjang ABCD dengan panjang AB = 6 cm, BD = 4 cm, CD = 6 cm, dan AD = 4 cm !






Kunci jawaban :
                                  
1.     
 









A                                         B


 




















Sukajaya, 1 Mei 2012
                          Mengetahui                           Praktikan,
                 Kepala SD 2 Sukajaya



         SITI LAILA NURLIA, S. Pd             HENDRA NOPRIAWAN
         NIP. 19610914 198010 2 001              NIM. 815 421 571
HASIL TEST FORMATIF 1
 MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS V SD NEGERI 2 SUKAJAYA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No
Nama
L/P
Nilai
Keterangan
1
Dahliana
P


2
Efendi
L


3
Heni Indriani
P


4
Ika Aulia
P


5
Ishaki
L


6
Laili Aprida
P


7
M. Afandi Harza
L


8
M. Ikbal
L


9
Marliana
P


10
Meri Handayani
P


11
Mupidah
P


12
Nopiansyah
L


13
Nurlaila Sari
P


14
Nurmaulida
P


15
Nurul Hidayat
L


16
Oka Saputra
L


17
Rahadian Mareza
L


18
Rido Setiawan
L


19
Rohimuddin
L


20
Sandra Anitiara Nisa
P


21
Sella Ummiya
P


22
Tata Atma Dewi
P


23
Zaini
L


Jumlah


Nilai rata-rata






Sukajaya, 1 Mei 2012
Praktikan,



HENDRA NOPRIAWAN
NIM: 815 421 571


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
                                                         (APKG - PKP 1)
LEMBAR PENILIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKANPEMBELAJARAN

NAMA GURU/MAHASISWA
NIM
TEMPAT MENGAJAR
KELAS
MATA PELAJARAN
WAKTU
TANGGAL
:
:
:
:
:
:
:
HENDRA NOPRIAWAN
815 421 571
SD Negeri 2 Sukajaya
V (lima)
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
2 x 35 menit
3 Mei 2012

Petunjuk:
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan olehguru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian dibawah ini :

1
Menentukan bahan pembelajaran dan
merumuskan tujuan
1

2

3

4

5



1.1 Menggunakan bahan pembelajaran












Yang sesuai dengan kurikulum dan











masalah yang diperbaiki






1.2 Merumuskan tujuan khusus/Indikator












perbaikan pembelajaran













Rata-rata butir 1 = A



2
Mengembangkan dan mengorganisasikan
Materi, media (alat bantu) dan alat sumber
Belajar.












2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan












Materi pembelajaran












2.2 Menentukan dan mengembangkan












Alat bantu perbaikan pembelajaran












2.3 memilih sumber belajar


























Rata-rata butir 2 = B


3
Merencanakan skenario kegiatan –
pembelajaraan











3.1 Menetukan jenis kegiatan perbaikan











pembelajaran











3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan











pembelajaran











3.3 Menentukan alokasi waktu perbaikan











pembelajaran












3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa























3.5 Menyiapkan pertanyaan
























Rata-rata butir 3 = C














4
Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran











4.1 Menetukan penataan ruang dan











Fasilitas belajar











4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian











Siswa dapat berpartisipasi dalam











      pembelajaran












Rata-rata butir 4 = D














5
Merencana prosedur, jenis, dan
Menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran











5.1 Menetukan prosedur danjenis penilaian























5.2 Membuat alat-alat penilaian











Dan kunci jawaban





Rata-rata butir 5 = E


6
Tampilan dokumen rencan perbaikan pembelajaran











6.1 Kebersihan dan kerapihan























6.2 penggunaan bahasa tulis

















Rata-rata butir 6 = F




Nilai  APKG 1 = R








Sukajaya, 3 Mei 2012
Pembimbing/Penguji I




HERMI YANZI, S.Pd, M. Pd
NIP. 19820727 200604 1 002




Pembimbing/Penguji II




_______________________                         
NIP.                            



Rencana Perbaikan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V (Lima) / 2
Alokasi Waktu            : 2 X 35 Menit

I.                   Standar Kompetensi :
v  Menghargai tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

II.                Kompetensi Dasar :
v  Menghargai jasa dan peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

III.         Indikator :
·         Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
·         Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
·         Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.

IV.         Tujuan Pembelajaran :
·         Mendeskripsikan kerja keras para tokoh selama masa persiapan kemerdekaan dan proses perumusan dasar negara.
·         Menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.

V.            Materi Ajar (Materi Pokok) :
·         Masa persiapan kemerdekaan

VI.          Metode Pembelajaran :
            Demonstrasi dan Tanya Jawab

VII.      Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan Awal :
·         Salam, Berdoa sebelum memulai pembelajaran, mengabsen siswa yang tidak hadir.
·         Mengajak siswa untuk mengingat kembali analogi tentang pembangunan rumah dan mengupamakan peran tukang bangunan dalam proses pembangunan rumah seperti peran tokoh-tokoh atau pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan.
Kegiatan Inti :
·         Menanyakan kepada siswa, apa saja perlawanan yang terjadi pada masa penjajahan belanda dan nama lembaga bentukan jepang.n siswa menjawab denga cepat.
·         Menjelaskan pentingnya usaha kerja keras para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan.
·         Memberikan tugas melakukan stadi pustaka secara berkelompok untuk mencari lembaga-lembaga bentukan jepang dalam persiapan mencapai kemerdekaan.
Kegiatan Akhir :
·         Mengajak siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari, guru hanya meluruskan poin-poin kesimpulan tersebut.

VIII.   Alat/Bahan dan Sumber Belajar :
-          Gambar-gambar pahlawan Nasional, Pemuka Masyarakat
-          Buku sejarah Indonesia
-          Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V.
IX.         Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
isian
Soal-soal
1.                  Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta diculik para pemuda pejuang ke daerah kerawang tepatnya di ....
2.                  Gelar plokamator diberkan kepada ....
3.                  Bagaimana cara menghargai jasa tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan ?
4.                  Pancasila dan UUD 1945 di rumuskan pada saat Indonesia dalam keadaan ....
5.                  Tokoh bangsa Indonesia yang telah memberi teladan yang baik bahwa segala masalah dapat di selesaikan denga cara ....
Kunci Jawaban
6.      Rengas Dengklok jawa barat
7.      Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
8.      Menjaga hasil karya besar para tokoh bangsa indonesia dan melanjutkan cita-cita mereka
9.      Masa-masa genting
10.  Bermusyawarah



             Sukajaya, 3 Mei 2012
                          Mengetahui                                        Praktikan,
                 Kepala SD 2 Sukajaya



         SITI LAILA NURLIA, S. Pd                         HENDRA NOPRIAWAN
         NIP. 19610914 198010 2 001                          NIM. 815 421 571



















HASIL TEST FORMATIF 1
 MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS V SD NEGERI 2 SUKAJAYA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No
Nama
L/P
Nilai
Keterangan
1
Dahliana
P


2
Efendi
L


3
Heni Indriani
P


4
Ika Aulia
P


5
Ishaki
L


6
Laili Aprida
P


7
M. Afandi Harza
L


8
M. Ikbal
L


9
Marliana
P


10
Meri Handayani
P


11
Mupidah
P


12
Nopiansyah
L


13
Nurlaila Sari
P


14
Nurmaulida
P


15
Nurul Hidayat
L


16
Oka Saputra
L


17
Rahadian Mareza
L


18
Rido Setiawan
L


19
Rohimuddin
L


20
Sandra Anitiara Nisa
P


21
Sella Ummiya
P


22
Tata Atma Dewi
P


23
Zaini
L


Jumlah


Nilai rata-rata






Sukajaya, 3 Mei 2012
Praktikan,



HENDRA NOPRIAWAN
NIM: 815 421 571

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: