contoh silabus pendidikan kewarganegaraan (pkn)

Diposkan oleh Andri Ansyah on Minggu, 27 Mei 2012


                                                                                     SILABUS

            Nama Kelar                    :
            Mata` Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
            Tingkat / Derajat           : VI / Mahir 2
            Setara                            : kls XI s.d XII SMA / MA
            Standar Kompetensi        : 7. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional



No

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi pokok/
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk



7.1












7.2










7.3










7.4











Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara






Menjelaskan Tahap-tahap perjanjian internasional







Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional





Menghargai kerjasama dan perjanjian internasional yang bermanfaat bagi Indonesia




·  Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
·  Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
§ Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional

§ Menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional







§ Menguraikan peranan ASEAN, AA dan PBB dalam meningkatkan hubungan internasional





§ Menunjukkan manfaat perjanjian internasional bagi Indonesia

 7.1.1 Pengertian Hubungan Internasional
7.1.2  Peranan Hubungan Internasional
7.1.3 Sarana-sarana hubungan internasional




7.2.1 Tahap-tahap Perjanjian Internasional








7.3.1 Peranan ASEAN
73.2 Peranan AA
7.3.3 Peranan PBB







7.4.1 Manfaat Perjanjian-Perjanjian  Internasional yang melibatkan Indonesia 

§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  pengertian  hubungan internasional
§ Secara klasikal mendiskusikan peranan hubungan internasional dan sarana-sarana dalam  hubungan internasional




§ Secara kelompok  menguraikan tahap-tahap perjanjian internasional


§ Secara kelompok menggali informasi melalui media cetak dan internet mengenai peranan ASEAN, AA, dan PBB

§ Mempresentasikan hasil temuan 3 kelompok kajian









§ Secara klasikal  menguraikan beberapa contoh perjanjian internasional







Ulangan




Ulangan







Tugas  kelompok



Tugas kelompok




Ulangan










Ulangan

Uraian




Uraian







Resume




Laporan tertulis




Uraian









1 jam




1 jam







1 jjam




1  jam





1 jam










1 jam











Buku PKn SMA kls XI,paket c










Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran




Bahan : petunjuk penugasan individu
dan
Artikel dari koran




Buku PKn Paket c kls XII




Mengetahui,                                                                                                                                         
Ketua Penyelenggara                                                                                                                             Tutor MP PKn



                                                                                                                                                           
NIP.                                                                                                                                                      NIP.                                                                                                                                                     











SILABUS

            Nama Kelar                    :
            Mata` Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
            Tingkat / Derajat           : VI / Mahir 2
            Setara                            : kls XI s.d XII SMA / MA
        Standar Kompetensi      : 8.  Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional


No

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi pokok/
Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber / Bahan / Alat
Metode
Bentuk



8.1







8.2
















8.3













Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional




Menjelaskan penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional










Menghargai putusan Mahkamah Internasional






·  Menguraikan   sistem hukum dan oeradilan internasional




§ Mengidentifikasi penyebab timbulnya sengketa internasional

§ Menguraikan cara penyelesaian sengketa internasional oleh Mahkamah internasional





§ Menunjukkan  sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional

8.1.1Sistem hukum dan Peradilan Internasional




8.2.1
Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional

8.2.2
Peranan Mahkamah Internasional dalam Menyelesaikan Sengketa Internasional



8.3.1 Menghargai Putusan Mahkamah Internasional






§ Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang  sistem hukum dan peradilan internasional



§ Secara klasikal menngidentifikasi melalui kajian pustaka mengenai sebab-sebab timbulnya sengketa internasional

§  Secara kelompok menggali nformasi melalui media massa dan internet tentang  peranan Mahkamah Internasional dalam menyelesaikan kasus-kasus sengketa internasional




§ Secara kelompok melalui diskusi  menunjukkan  sikap menghargai putusan Mahkamah Internasional (satu contoh



kasus sesuai pilihan kelompok dan sekaligus digabung
pelaksanaannya pada saat membahas materi  peranan mahkamah internasional)

§ Mempresentasi hasil diskusi kelompok dalam bentuk power point



Ulangan







Ulangan





Tugas  kelompok









Tugas kelompok









Pengamatan










Uraian







Uraian





Laporan diskusi
&  kliping








Laporan tertulis dan kliping








Performance








1 jam







1 jam





1 jam










1 jam










1 jam











Buku PKn Paket c kls XII




Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran






Mengetahui,                                                                                                                                         
Ketua Pokjar                                                                                                                                         Tutor MP PKn



                                                                                                                                                           
NIP.                                                                                                                                                      NIP.                     














SILABUS

            Nama Kelar                    :
            Mata` Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
            Tingkat / Derajat           : VI / Mahir 2
            Setara                            : kls XI s.d XII SMA / MA
          Standar Kompetensi          : 9.  Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

KOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
9.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
Pancasila sebagai ideologi terbuka
o  Rumusan Pancasila
o  Fungsi pokok Pancasila
o  Pancasila sebagai ideologi terbuka
· Mengkaji dari berbagai sumber (buku,.)  tentang proses perumusan Pancasila sejak sidang BPUPKI sampai dengan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
· Menguraikan fungsi pokok Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Berdiskusi hasil penggalian informasi makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·         Mengemukakan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara



·         Menguraikan fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara

·         Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)

·       Tes tertulis (Uraian)


·       Presentasi







1 jam

















·       Buku Kewarganegaraan Paket C Kelas XII, karangan Dra.Lili Nurlaili














kOMPETENSI DASAR
Materi Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
9.2  Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan

Nilai-nilai Pancasila
o  Pancasila sebagai sumber nilai

o  Pancasila sebagai paradigma pembangunan

· Mengkaji dari modul tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan Pancasila sebagai  paradigma pembangunan.
· Berdiskusi hasil kajian tentang Pancasila sebagai sumber nilai dan sebagai  paradigma pembangunan
·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai sumber nilai.




·         Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

·       Non tes: Performance tes (tugas kelompok)
·       Tes tertulis (Uraian, )
·       Presentasi
2 jam
·     Buku Kewarganegaraan Paket C Kelas XII, karangan Dra. Lili Nurlaili
·     Buku-buku sumber yang relevan

9.3 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

o  Perilaku yang sesuai nilai- nilai Pancasila







o  Sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka

· Mengidentifikasi berita di media elektronik (TV, ) dan artikel dari media cetak (buku, koran, majalah dsb) sehingga  dapat menunjukkan perilaku positif terhadap Pancasila

· Mengamati perilaku masyarakat lingkungannya yang sesuai dengan nilai  Pancasila sebagai  ideologi terbuka (contoh: berani mengemukakan pendapat/demonstrasi)

·      Menunjukkan contoh sikap dan perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila







·      Menemukan cara bersikap positif yang sesuai dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

o   Non tes: Performance tes (tugas kelompok/ individu)
o   Tes tertulis (Uraian)
o   Presentasi

2 jam
·     Buku Kewarganegaraan Paket C Kelas XII, karangan Dra. Lili Nurlaili
·     Media cetak dan media eletronik
·     Buku-buku sumber yang relevan

            Mengetahui
            Ketua Penyelenggara Pokjar                                                                                                                           Tutor Mapel PKn

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: