Tips Ringan Menahan Emosi….

Diposkan oleh Andri Ansyah on Rabu, 21 Maret 2012



http://ustadchandra.files.wordpress.com/2011/06/aapuji_emosi.jpg?w=300
Agan-agan sekalian, pernah ngerasa marah baget ketika ada orang yang marahin agan tanpa sebab? Ato pacar agan marah tanpa sebab terus minta putus? Pastinya agan akan emosi banget.
Di saat-saat penuh amarah seperti itu, perlu beberapa upaya untuk mengatasi amarah tersebut agar tidak menimbulkan pertengkaran ato bahkan permusuhan.
Ada beberapa tips yang mungkin bisa agan terapkan untuk menanggulangi marah/emosi tersebut:
Quote:
1. PERGI
Kalo emosi udah melesut sampe ke ubun-ubun, yang paling gampang adalah menjauhkan diri sejenak dari situasi yang bikin emosi tersebut. Biasanya “ATMOSFER” yang berbeda bisa sedikit membawa ketenangan.
Spoiler for :
Quote:
2. ALIHKAN PERHATIAN
Kalimat ini pasti udah sering kita denger dari jaman TK. Dulu, kalo kita lagi ngambek, guru biasanya langsung memindahkan perhatian dari satu aktivitas yang nggak kita disenangi ke aktivitas lainnya.
Ups, ternyata trik ini masih jitu sampe sekarang, lho! Saat emosi naik, lalu kita melakukan sesuatu yang kita senangi (main game misalnya), tanpa terasa emosi akan menurun dengan sendirinya.
Spoiler for :
Quote:
3. JANGAN TERIAK
Teriak menunjukkan kita nggak bisa mengontrol diri. Dan, teriak akan memancing kita untuk bertindak lebih ekstrem lagi. Memaki-maki misalnya. Makanya, ditahan aja. OK
Spoiler for :
Quote:
4. HINDARI SENTUHAN FISIK
Kalo kita dalam kondisi emosi stabil, sentuhan fisik mungkin bisa mendatangkan perasaan seneng. Tapi kalo dalam kondisi kesel, sentuhan fisik bisa berubah jadi marah (bogem, melempar, dan kekerasan fisik lainnya). So, kalo rasanya tangan/kaki udah “GATEL” mending diajak jalan-jalan aja. Mondar-mandir di halaman rumah, ato pergi ke mal, atooo….
Spoiler for :
Quote:
5. TANYA DIRI SENDIRI
Ketika seseorang ato sesuatu bikin agan marah, coba tanya pada diri sendiri, “Apa perlu aku jadi suntuk sendiri dan buang-buang energi lebih banyak lagi buat ini?” Kalo jawaban, “TIDAK!”, berarti agan pinter. Tapi kalo jawaban, “Ya”, kayaknya agan musti ngulang dari step pertama lagi deh…
Spoiler for :

Jika Anda Menyukai Artikel Ini Mohon Klik LIke Di Bawah Ini :

komentar: